Advertorial

Buktikan Keunggulan di Kancah Internasional, Jasa Marga Masuk Perusahaan Terbaik Versi Top 500 Fortune Southeast Asia 2024

Kompas.com - 22/06/2024, 13:33 WIB

KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menunjukkan eksistensi di kancah internasional dengan berhasil masuk dalam jajaran 500 perusahaan terbesar dan terbaik se-Asia Tenggara versi Fortune Southeast Asia 500 tahun 2024.

Dalam daftar yang dipublikasikan oleh majalah bisnis global Fortune tersebut, Jasa Marga berhasil menduduki peringkat ke-213.

Corporate Secretary & Chief Administration Officer Jasa Marga Nixon Sitorus mengatakan, capaian tersebut menandakan perusahaan mampu menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kinerja dan kesehatan finansial perseroan.

"Raihan ini menunjukkan komitmen Jasa Marga sebagai market leader industri jalan tol di Indonesia dalam menjaga pertumbuhan kinerja dan mengelola kesehatan finansial,” ujar Nixon melalui siaran persnya, Sabtu (22/6/2024).

Nixon mengungkapkan, sepanjang tahun 2023, Jasa Marga terus konsisten melakukan sejumlah inisiatif strategis, mulai dari sisi top line, hingga memastikan target bertumbuhnya pendapatan usaha dapat tercapai.

Hal tersebut, kata dia, dapat terwujud melalui pengoperasian ruas-ruas jalan tol baru untuk menjaga pertumbuhan volume kendaraan, mengupayakan penyesuaian tarif tol sesuai rencana bisnis, serta meningkatkan pertumbuhan pendapatan usaha lain.

Lebih lanjut, Nixon menuturkan pada 2023, perseroan berhasil meningkatkan kinerja positif yang tercermin dari pencapaian pendapatan usaha sebesar Rp15,6 triliun atau tumbuh 12,9 persen.

“Pencapaian ini terdiri dari kontribusi kinerja pendapatan tol sebesar Rp 14,0 triliun yang meningkat 12,1 persen dari tahun 2023, serta kontribusi kinerja pendapatan usaha lain sebesar Rp 1,6 triliun atau naik 20,9 persen dari tahun sebelumnya,” ujar Nixon.

"(Hasilnya) perseroan berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp 6,8 triliun sepanjang tahun 2023. Sementara untuk core profit perseroan sepanjang tahun 2023 mencapai Rp 2,7 triliun atau meningkat 196,7 persen dari core profit tahun sebelumnya," lanjutnya.

Dikutip dari prnewswire.com, Executive Editor Fortune Asia Clay Chandler mengungkapkan, daftar 500 perusahaan terbaik se-Asia Tenggara merupakan bukti bahwa kawasan semakin penting dalam ekonomi global. Hal ini terjadi karena adanya pergeseran rantai pasokan dan perkembangan pesat ekonomi di Asia Tenggara.

"Fortune Southeast Asia 500 2024 mencerminkan kawasan yang dinamis dan cepat berubah, kawasan yang ekonomi intinya tumbuh jauh lebih cepat daripada Eropa atau Amerika Serikat," ucap Clay.

Untuk diketahui, Jasa Marga sebagai operator jalan tol pertama dan terbesar di Indonesia terus berkomitmen menjadi perusahaan jalan tol yang berkelanjutan.

Sampai saat ini, total panjang jalan tol yang di bawah Jasa Marga Group yang telah beroperasi mencapai 1.264 kilometer (km) yang merepresentasikan 47 persen jalan tol beroperasi di seluruh Indonesia. Sementara itu, total konsesi jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga mencapai 1.736 km.

Pada 22 Desember 2023, Jasa Marga juga melakukan penambahan pengoperasian Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Ruas Pamulang-Cinere sepanjang 3,64 km.

Saat ini, Jasa Marga memiliki beberapa proyek yang sedang berjalan, di antaranya Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan, Jalan Tol Akses Patimban, Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo, dan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi.

Selain itu, Jasa Marga juga tengah fokus dalam menyinergikan tiga lini bisnis konsesi jalan tol, yakni lini bisnis pengoperasian melalui PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO), lini bisnis preservasi jalan tol melalui PT Jasamarga Tollroad Maintenance (JMTM), serta lini bisnis prospektif melalui PT Jasamarga Related Business (JMRB). Tujuannya untuk meningkatkan dan mengoptimalkan seluruh rantai nilai perseroan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com