Advertorial

Fortune Southeast Asia 500, BRI Jadi Institusi Keuangan Nomor 1 di Indonesia dan Peringkat Ke-4 di Asia Tenggara

Kompas.com - 22/06/2024, 15:16 WIB

KOMPAS.com – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali meraih prestasi karena masuk daftar Fortune Southeast Asia 500 yang dipublikasi pada Selasa (18/6/2024).

BRI menduduki peringkat pertama untuk industri perbankan dan keuangan di Indonesia, sedangkan di Asia Tenggara BRI menempati peringkat ke-4 untuk kategori finansial.

Secara umum, BRI menduduki peringkat ke-15 diantara 500 perusahaan dalam daftar daftar Fortune Southeast Asia 500. 

Mengutip website Fortune, BRI mencatatkan revenue sebesar 14,9 miliar dollar Amerika Serikat (AS), profit sebesar 3,9 miliar dollar AS, dan aset sebesar 127,6 miliar dollar AS.

Untuk diketahui, Fortune Southeast Asia 500 merupakan daftar 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara yang dinilai berdasarkan revenue, profit dan aset.

Pemeringkatan ini mencakup perusahaan-perusahaan dari tujuh negara Asia Tenggara, yakni Indonesia, Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, dan Kamboja.

Indonesia sendiri mendominasi dengan 110 perusahaan. Thailand menyusul dengan 107 perusahaan. Malaysia, dengan 89 perusahaan, Singapura lewat 84 perusahaan, Vietnam memiliki 70 perusahaan, Filipina dengan 38 perusahaan, dan Kamboja melalui dua perusahaan.

Editor Eksekutif Fortune Asia Clay Chandler mengatakan, Fortune Southeast Asia 500 merefleksikan wilayah Asia Tenggara yang dinamis dan cepat berubah. Kawasan yang perekonomian utamanya tumbuh lebih cepat dibandingkan Eropa atau AS

“Hal ini sebagian disebabkan oleh peran Asia Tenggara yang jauh lebih penting dalam perekonomian global, salah satunya karena sejumlah perusahaan multinasional Global 500 telah mengalihkan lebih banyak rantai pasokan mereka ke negara-negara Asia Tenggara,” kata Clay Chandler dalam siaran persnya, Jumat (21/6/2024).

BRImo, layanan mobile banking BRI DOK. BRI BRImo, layanan mobile banking BRI

Pencapaian ini melengkapi prestasi BRI yang telah mendapatkan pengakuan dari kancah internasional. Sebelumnya, Forbes menobatkan BRI sebagai perusahaan terbesar di Indonesia pada Forbes The Global 2000 pada 2024.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, di tengah ketidakpastian ekonomi global serta era suku bunga tinggi, keberhasilan BRI mendapatkan pengakuan dari Forbes dan Fortune membuktikan bahwa dunia internasional mengakui serta mengapresiasi strategic response yang diambil BRI dalam menghadapi tantangan.

“Hal tersebut terbukti berhasil menjadi landasan dalam pencapaian kinerja yang positif bagi BRI yang menjadi leader di industri perbankan di Indonesia,” ujar Sunarso.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com