Advertorial

Dorong Anak Membicarakan Cita-cita dan Mewujudkannya dengan Menabung di Tabungan BRI Junio

Kompas.com - 25/06/2024, 10:47 WIB

KOMPAS.com - Keterbukaan komunikasi anak dan orangtua merupakan fondasi penting dalam mendukung perkembangan anak. Saat anak merasa nyaman berbicara tentang perasaan, pengalaman, dan cita-citanya, orangtua dapat memberikan dukungan yang tepat.

Soal cita-cita, misalnya. Dengan memahami dan mendukung cita-cita mereka, orangtua dapat membantu anak merencanakan masa depan dengan lebih baik.

Salah satu langkah konkret untuk mendukung cita-cita anak adalah dengan membuka tabungan yang dirancang khusus untuk tujuan mereka, seperti Tabungan BRI Junio.

Lantas, bagaimana cara orangtua agar anak mau terbuka membicarakan cita-citanya? Kemudian, bagaimana cara orangtua untuk mendorong anak agar mewujudkan cita-cita lewat menabung?

  1. Ciptakan lingkungan yang mendukung

Langkah pertama untuk mendorong anak berbicara tentang cita-citanya adalah menciptakan lingkungan yang mendukung. Orangtua perlu menunjukkan bahwa mereka menghargai dan tertarik pada impian anak.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan memberikan perhatian penuh ketika anak berbicara, menghindari kritik yang menjatuhkan, dan memberikan dukungan emosional.

  1. Sediakan waktu khusus untuk membicarakan cita-cita

Di tengah kesibukan sehari-hari, sediakan waktu khusus untuk berbicara dengan anak tentang cita-cita. Semisal saat makan malam bersama, perjalanan pulang dari sekolah, atau sebelum tidur. Waktu-waktu ini dapat menjadi kesempatan berharga untuk mendengarkan cerita anak tentang impian mereka.

  1. Dengarkan dengan empati

Ketika anak berbicara tentang cita-citanya, penting bagi orangtua untuk mendengarkan dengan empati. Dengarkan tanpa menginterupsi dan tunjukkan bahwa Anda benar-benar peduli dengan apa yang mereka katakan. Berikan respons yang mendukung, seperti “Itu terdengar seperti rencana yang hebat” atau “Saya bangga kamu punya impian sebesar itu.”

  1. Bantu buat langkah-langkah nyata

Setelah anak mengungkapkan cita-citanya, bantu mereka merencanakan langkah-langkah nyata untuk mencapainya. Bicarakan apa saja yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut, seperti pendidikan, keterampilan, pengalaman tertentu, serta tabungan. Buatlah rencana yang terperinci bersama anak, termasuk langkah-langkah kecil yang bisa mereka ambil sekarang.

  1. Ajarkan arti penting menabung

Menabung adalah salah satu cara penting untuk mewujudkan cita-cita. Oleh karena itu, ajarkan anak tentang arti dan manfaat penting menabung sejak dini. Jelaskan bagaimana menabung dapat membantu mereka mencapai tujuan jangka panjang dan memberikan contoh nyata tentang bagaimana menabung telah membantu Anda mencapai tujuan Anda sendiri.

  1. Buka tabungan khusus untuk cita-cita anak

Salah satu cara konkret untuk mendukung cita-cita anak adalah dengan membuka tabungan khusus, seperti Tabungan BRI Junio.

Tabungan BRI Junio.Dok. BRI Tabungan BRI Junio.

Tabungan BRI Junio merupakan produk tabungan yang dirancang khusus untuk anak-anak hingga usia 17 tahun dengan berbagai keunggulan menarik. Tabungan ini mensyaratkan setoran awal terjangkau, yakni Rp 100.000. jumlah ini bisa memantik langkah awal anak untuk menabung.

Kemudian, Tabungan BRI Junio bebas biaya administrasi. Itu berarti, saldo tabungan anak tidak akan tergerus oleh biaya bulanan sehingga tabungan bisa tumbuh lebih optimal.

Keunggulan selanjutnya adalah Tabungan BRI Juno terhubung dengan Tabungan BRI orangtua. Dengan demikian, tabungan anak bisa dipantau secara rutin melalui BRImo. Orangtua pun dapat memanfaatkan fasilitas transfer otomatis sehingga orangtua tidak akan skip menabung setiap bulan.

Berikutnya, Tabungan BRI Junio menyediakan buku tabungan dan Debit BRI ber-chip dengan desain menarik dengan karakter khusus anak. Dengan demikian, anak bisa lebih bersemangat dalam menabung untuk meraih cita-cita.

Adapun pembukaan rekening Tabungan BRI Junio juga sangat sederhana dan bisa dilakukan secara daring kapan dan di mana saja melalui aplikasi BRImo sehingga tidak perlu datang ke kantor cabang BRI.

BRImo tersedia di Google Play Store, App Store, atau Huawei AppGallery. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, termasuk cara membuka Tabungan BRI Junio, Anda bisa mengunjungi laman bbri.id/junioxbrimo.

  1. Libatkan anak dalam proses menabung

Setelah memiliki Tabungan BRI Junio, langkah selanjutnya Anda bisa melibatkan dalam proses menabung. Ajarkan mereka cara mengelola uang mereka sendiri, seperti menyisihkan sebagian uang saku atau hadiah yang mereka terima untuk ditabung.

Hal tersebut membantu anak memahami nilai uang dan pentingnya perencanaan finansial. Orangtua juga bisa mengajak anak untuk secara rutin memeriksa saldo tabungan mereka dan melihat sejauh mana mereka telah mendekati tujuan mereka.

  1. Berikan insentif dan penghargaan

Pemberian insentif dan penghargaan dapat memotivasi anak untuk terus menabung. Misalnya, Anda bisa menawarkan untuk menambah sejumlah uang ke tabungan mereka jika mereka berprestasi atau mencapai target tertentu. Penghargaan ini tidak harus selalu berupa uang, tetapi bisa juga berupa kegiatan yang menyenangkan atau hadiah kecil yang mendukung cita-cita mereka.

  1. Ikuti perkembangan anak

Secara berkala, tinjau perkembangan anak dalam mencapai cita-cita mereka. Bicarakan apa saja yang telah mereka capai, tantangan yang mereka hadapi, dan rencana ke depan. Tunjukkan bahwa Anda selalu siap memberikan dukungan dan bimbingan. Hal ini tidak hanya membantu anak merasa didukung, tetapi juga memperkuat komunikasi antara orangtua dan anak.

Itulah kiat-kiat yang bisa Anda coba untuk mendorong anak terbuka soal cita-cita serta memberikan dukungan dalam mewujudkannya, salah satunya dengan mengajarkan menabung rutin di Tabungan BRI Junio.

Menabung bukan hanya tentang mengumpulkan uang, melainkan juga tentang mengajarkan nilai-nilai ketekunan, kesabaran, dan perencanaan. Dengan dukungan yang tepat, anak-anak dapat tumbuh menjadi individu yang percaya diri dan siap menghadapi masa depan dengan optimisme dan kesiapan.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com