Advertorial

BRI Borong 11 Penghargaan Internasional Dari Finance Asia, Dirut BRI Sunarso Dinobatkan sebagai The Best CEO

Kompas.com - 28/06/2024, 09:47 WIB

KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk atau BRI menunjukkan kiprah di industri keuangan global berhasil menorehkan 11 penghargaan dari Finance Asia pada ajang The Finance AsiaAwards and Asia’s Best Companies Poll Gala Dinner 2024 di Hong Kong, Kamis (27/6/2024). Penghargaan didapat berkat kinerja positif di sepanjang 2023.

Direktur Utama BRI Sunarso hadir menerima penghargaan tersebut secara langsung.

Sunarso mengatakan, penghargaan tersebut tak lepas dari komitmen perseroan yang mengusung misi menciptakan economic value dan social value dengan terus fokus pada pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

“Penghargaan ini kami persembahkan kepada lebih dari 110.000 Insan BRILian (pekerja BRI) yang selama ini telah memberikan komitmen dan dedikasi yang kuat sehingga BRI dapat terus mengambil peran dalam roda perekonomian Indonesia,” ujar Sunarso dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Kamis.

Sunarso melanjutkan, pihaknya juga mempersembahkan penghargaan tersebut kepada seluruh pelaku UMKM yang menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia atas semangat juang dan pantang menyerah.

Dari 11 penghargaan yang diterima BRI, 7 di antaranya diperoleh dari kategori Asia’s Best Companies dan 4 penghargaan merupakan kategori FinanceAsia Awards.

Untuk Asia’s Best Companies, BRI mendapatkan Best CEO (gold) untuk Direktur Utama BRI Sunarso, Best Managed Company (gold), dan Best Investor Relations (gold).

Selain itu, ada pula Best CFO (silver) untuk Direktur Keuangan BRI Viviana Dyah Ayu, Most Commited to DEI (silver), Most Commited to ESG (silver), dan Best Large Cap Company (Bronze).

Sementara itu, empat penghargaan kategori FinanceAsia Awards, di antaranya Best Bank For Financial Inclusion (winner), Best Commercial Bank – SMEs (winner), Best Sustainable Bank (highly commended), dan Most Innovative Technology (highly commended)

Sebagai informasi, FinanceAsia merupakan majalah ekonomi dan keuangan terkemuka di Asia Pasifik yang berbasis di Hong Kong.

Dirut BRI Sunarso mengatakan, penghargaan tersebut tak lepas dari komitmen perseroan yang mengusung misi menciptakan economic value dan social value dengan terus fokus pada pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Dok. BRI Dirut BRI Sunarso mengatakan, penghargaan tersebut tak lepas dari komitmen perseroan yang mengusung misi menciptakan economic value dan social value dengan terus fokus pada pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Didirikan pada 1996, FinanceAsia memberikan ulasan mendalam mengenai perkembangan ekonomi di wilayah Asia Pasifik, termasuk aksi-aksi korporasi, seperti merger dan akuisisi.

Sepanjang Juni 2024, tercatat BRI mendapatkan tiga pengakuan dan penghargaan bergengsi di level internasional.

Pertama, BRI dinobatkan oleh Forbes sebagai perusahaan terbesar dalam daftar The Global 2000 pada pada Kamis (13/6/2024).

Forbes International mencatat, BRI unggul dengan penjualan sebesar 14,95 miliar dollar Amerika Serikat (AS) dengan laba sebesar 3,6 miliar dollar AS, aset 125,45 miliar dollar AS, dan nilai pasar sebesar 46,5 miliar dollar AS.

Forbes Global 2000 pada 2024 memuat data kinerja perusahaan dalam 12 bulan terakhir hingga 17 Mei 2024.

Pada daftar tersebut, BRI menempati peringkat 308 dunia mengungguli perusahaan multinasional lain, seperti Starbucks, Renault, Uber, dan Nissan Motor.

Selanjutnya, pada Selasa (18/6/2024), Fortune mengumumkan daftar Fortune Southeast Asia 500 untuk pertama kalinya. Daftar ini berisikan 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara yang dinilai berdasarkan revenue, profit dan aset.

Dalam daftar Fortune Southeast Asia 500, prestasi kembali diraih oleh BRI. Perseroan menduduki peringkat pertama untuk industri keuangan di Indonesia.

Di Asia Tenggara, BRI menduduki peringkat ke-4 untuk kategori keuangan dan berada di peringkat 15 di antara 500 perusahaan dalam daftar tersebut. 

Mengutip website Fortune, BRI mencatatkan revenue sebesar 14,9 miliar dollar AS, profit sebesar 3,9 miliar dollar AS, dan aset senilai 127,6 miliar dollar AS.

Sunarso mengatakan, di tengah ketidakpastian ekonomi global serta era suku bunga tinggi, keberhasilan BRI mendapatkan pengakuan dari Forbes, Fortune, dan Finance Asia, membuktikan bahwa dunia internasional mengakui serta mengapresiasi strategic response yang diambil BRI dalam menghadapi tantangan.

“Upaya tersebut terbukti berhasil menjadi landasan dalam pencapaian kinerja positif bagi BRI yang menjadi leader di industri perbankan di Indonesia, serta semakin menunjukkan pengaruh di industri keuangan regional dan global,” kata Sunarso.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com