Advertorial

Dongkrak Kualitas SDM, Bupati Blitar Beri Beasiswa bagi Mahasiswa Berprestasi

Kompas.com - 22/08/2024, 15:51 WIB

KOMPAS.com – Bupati Kabupaten Blitar Rini Syarifah memberikan bantuan biaya pendidikan kepada 1.706 mahasiswa berprestasi dan kurang mampu di Pendopo Sasana Adhi Praja, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Kamis (22/8/2024).

Bantuan biaya pendidikan tersebut diberikan bagi mahasiswa dengan perolehan indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,0 bagi mahasiswa perguruan tinggi negeri (PTN) jurusan eksakta, 3,25 bagi mahasiswa PTN non-jurusan eksakta, dan 3,5 bagi mahasiswa dari perguruan tinggi swasta (PTS).

Beasiswa juga diberikan pihaknya kepada mahasiswa berprestasi nonakademik tingkat nasional senilai Rp 3 juta.

“Bantuan biaya pendidikan ini jangan dipergunakan untuk foya-foya atau membeli barang yang tidak perlu. Misalnya, jangan untuk beli handphone (HP) baru, skin care, atau kebutuhan lain di luar kebutuhan kuliah,” ujar Rini dalam rilis pers yang diterima Kompas.com, Kamis.

Selain itu, Rini juga memberikan bantuan biaya pendidikan sebesar Rp 2.790.000 bagi mahasiswa dari keluarga tidak mampu.

Adapun penerima kategori tersebut masuk data terpadu kesejahteraan sosial atau dibuktikan dengan surat keterangan tidak mampu dari kepala desa/lurah setempat.

Penerima bantuan tersebut lolos verifikasi berdasarkan Peraturan Bupati Blitar Nomor 149 Tahun 2022.

Skema penyaluran bantuan dilakukan melalui transfer melalui buku tabungan BPD Jatim tanpa ada potongan sepeser pun.

Rini melanjutkan, bantuan pendidikan tersebut merupakan komitmen pihaknya dalam melaksanakan jaminan pendidikan masyarakat Kabupaten Blitar.

“Sektor pendidikan saat ini menjadi fokus utama dalam upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang terampil, produktif, dinamis, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata Rini.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau