Menuju Swasembada

Pangan 2017

Kementerian Pertanian Republik Indonesia bertekad untuk mewujudkan pertanian industrial unggul berkelanjutan berbasis sumber daya lokal demi meningkatkan kemandirian pangan, ekspor dan kesejahteraan petani.

Kompas.com/Alsadad Rudi - Presiden Joko Widodo didampingi sejumlah menteri saat meninjau kedatangan KM Camara Nusantara yang baru tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (11/12/2015). KM Camara Nusantara adalah kapal yang mengangkut 500 ekor sapi dari Nusa Tenggara Timurp. Kedatangan sapi dari NTT merupakan tindak lanjut kerja sama Pemprov DKI dengan Kementerian Pertanian dan lima provinsi lainnya guna memenuhi kebutuhan daging sapi di Ibu Kota.
Jumat, 11 Desember 2015

Presiden Jokowi Langsung Masuk ke Kapal Ternak



KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo langsung masuk ke dalam kapal ternak KM Camara Nusantara 1 yang berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok sejak Jumat (11/12/2015) pagi. Kapal itu mengangkat sauh alias bertolak dari Pelabuhan Tenau, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Minggu (6/12/2015) pukul 01.00 Waktu Indonesia Tengah (Wita) dengan mengangkut 353 ekor ternak sapi bali jantan.

Catatan yang disampaikan Kementerian Pertanian menunjukkan rata-rata bobot hidup hewan tersebut adalah 250 kilogram – 350 kilogram. Diperkirakan rata-rata produksi daging sapi per ekor adalah 125 kilogram. Pengawalan ternak selama perjalanan dari Kupang menuju Jakarta dilakukan oleh petugas kesehatan hewan sebanyak 7 orang. Dari jumlah itu lima orang berasal dari Balai Besar Veteriner (BBVet) Denpasar dan dua dari Karantina Pertanian Kelas I Kupang.

Menurut laporan wartawan Kompas.com Indra Akuntono, Presiden Joko Widodo tiba di Tanjung Priok sekitar pukul 16.20 WIB. Mendampingi Presiden Joko Widodo adalah Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Pua Maharani, serta Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Pengadaan Kapal ternak KM Camara Nusantara 1 dilakukan oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan pada Tahun Anggaran 2014. Kapal ini memiliki fasilitas geladak kandang ternak, ruang palka muatan, kandang ternak, tangga naik khusus ternak, dan klinik hewan dengan dokter sesuai standar internasional.

KM Camara Nusantara 1 ditempatkan di Pelabuhan Tenau sebagai pelabuhan pangkal untuk melayari rute di antaranya Kupang, Bima, Tanjung Perak, Tanjung Emas, dan Cirebon.

Josephus Primus

Sapi potong di Balai Karantina Pertanian (BKP) Kelas I Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman pada Selasa (17/11/2015) sudah meminta proses karantina dipangkas hingga satu hari untuk mempercepat pengiriman sapi potong, khususnya ke Jabodetabek.