kabar mpr

Zulkifli Hasan: Kedaulatan Tertinggi Ada di Tangan Rakyat

Kompas.com - 19/02/2017, 13:30 WIB

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menghadiri acara Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Kantor Sekretariat Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Temanggung, Minggu (19/2/2017). Acara juga dihadiri oleh Wakil Bupati Temanggung Irawan Setyadi, Sekretaris Jenderal MPR RI Ma’ruf Cahyono, Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Temanggung KH ASyari, dan sejumlah undangan.

Saat menyampaikan kata sambutan, Zulkifli tidak lupa untuk mengapresiasi para undangan yang hadir dalam acara tersebut. Ia tidak menyangka bahwa jumlah undangan melebihi yang ia perkirakan.

Sebagai anggota Muhammadiyah, Zulkifli mengaku bangga bisa hadir pada acara sosialisasi tersebut untuk bertemu dan berbagi pengetahuan maupun wawasan yang ia miliki kepada sesama anggota Muhammadiyah serta banyak khalayak.

"Saya kalau memberikan materi kepada ibu-ibu Aisyah dan pemuda Muhammadiyah mudah, karena cepat mengerti," kata Zulkifli.

Selain itu, pria yang akrab dipanggil Zul ini juga menjelaskan betapa pentingnya meluruskan cita-cita Indonesia merdeka, yaitu menjadi negara yang demokratis dan berdaulat serta memegang teguh ideologi Pancasila.

"Kedaulatan ada di tangan bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian. Persaingan bebas terbuka di mana-mana. Jangan mau kedaulatan kita digantikan dengan sembako," ujarnya.

Zulkifli mengimbau agar semua masyarakat Indonesia bisa bersatu untuk bahu-membahu dalam upaya meneruskan perjuangan yang telah berlangsung sejak 19 tahun lalu. Baginya, hal tersebut harus dilakukan secara berkelanjutan.

"Perjuangan kita belum selesai. Kita sudah sepakat, sistem negara kita adalah demokrasi, dimana kedaulatan tertinggi berada di tangan Anda, rakyat Indonesia," tutup Zulkifli. (KZ)

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com