kabar mpr

Zulkifli Hasan Apresiasi Pembentukan Lembaga Pemantapan Pancasila

Kompas.com - 21/03/2017, 16:10 WIB

Peran pemerintah untuk meningkatkan rasa persaudaraan antar bangsa sangat penting. Oleh sebab itu, pembentukan Lembaga Pemantapan Pancasila yang dibentuk pemerintah baru-baru ini merupakan langkah konkret dalam mensosialisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Begitu juga dengan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan yang mengapresiasi langkah pemerintah tersebut.

"Saya bersyukur dan mengapresiasi Pemerintah yang membentuk Lembaga Pemantapan Pancasila. Semoga sosialisasi dan pemasyarakatan nilai-nilai luhur akan lebih intens," ujarnya saat melantik tiga anggota baru MPR Pergantian Antar Waktu (PAW), Senin (20/03/2017).

Dalam acara tersebut, Zulkifili melantik Mardani Ali Sera dari FPKS menggantikan Sa’duddin, Nawafie Saleh dari FGP menggantikan Airlangga Hartato, dan Tutik Kusuma Wardhani dari Fraksi Partai Demokrat.

Dengan dilantiknya anggota baru, Zulkifli mengajak tiga anggota yang baru dilantik tersebut untuk memperkuat MPR, khususnya dalam upaya merekatkan kebhinekaan.

"Sekarang banyak yang lebih mengutamakan kelompok dan golongannya. Kalau bukan sekelompok dianggap musuh, kalau bukan segolongan dianggap lawan dan dibenci," katanya.

Zulkifli pun merasakan bahwa tugas MPR semakin berat karena nilai-nilai luhur Indonesia terus memudar. "MPR harus kerja lebih keras agar nilai-nilai luhur bisa menjadi perilaku seluruh rakyat Indonesia,” lanjut Zulkifli.

Sebagai Ketua MPR, Zulkifli dan para anggotanya terus berusaha memperbaiki kinerjanya. “Kami di MPR akan terus berbenah dengan kinerja yang lebih baik, bersih, dan transparan,” ujarnya.

Beliau juga menegaskan kembali bahwa ikhtiar mensosialisasikan Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika bukan hanya tugas MPR, tetapi juga seluruh elemen bangsa. Pembentukan Lembaga Pemantapan Pancasila pun dirasa akan sangat berperan dalam mewujudkan nilai-nilai luhur Pancasila.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com