kabar mpr

Oesman Sapta "Bangkitkan" SUPMN Pontianak

Kompas.com - 21/03/2017, 20:04 WIB

Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta Odang membangkitkan semangat ratusan siswa Sekolah Usaha Perikanan Menengah Negeri (SUPMN) Pontianak dalam acara sosialisasi empat pilar MPR di SUMPN Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Selasa (21/3/2017). 

"SUPMN bangkit!" teriak Oesman Sapta. "Bangkit!" sahut serempak dari ratusan peserta sosialisasi.  

Politisi yang akrab dengan panggilan Oso ini juga mengatakan bahwa dirinya sudah 68 kali melakukan kegiatan sosialisasi 4 Pilar MPR ini ke seluruh Indonesia, namun baru kali ini pertama kali di SUPMN. 

"Karena itu SUPMN harus bangkit," ucapnya dengan penuh semangat. 

Oso juga menceritakan kisah hidupnya yang merupakan anak nelayan. Dari kecil ia sudah menjadi penjual rokok, bahkan ketika umurnya 15 tahun ia juga pernah menjadi buruh. 

"Jangan dipikir anak nelayan tidak bisa jadi wakil ketua MPR, saya anak nelayan bisa jadi wakil ketua MPR. Apalagi kalau sekolah," ujarnya. 

Untuk mencapai itu semua, yang diperlukan adalah semangat juang. Semangat juang tersebut harus dibangkitkan tanpa melihat lagi perbedaan. 

"Yang saya mau bangkitkan adalah semangat juang. Kita tidak lagi bicara warna kulit, agama, asal usul, ideologi. Kita bicara kesatuan yang dibungkus dalam Bhineka Tunggal Ika, Pancasila, USUS 1945, dan NKRI," kata ia.

Dalam sosialisasi tersebut Oso juga memuji masyarakat Kalimantan Barat yang terbuka. Di provinsi ini ada beragam suku dan agama. Menurutnya wilayah ini dapat menerima berbagai perbedaan tersebut. 

"Kita tak lagi bicara asal usul dan latar belakang. Kita bicara kesatuan anak bangsa yang dibungkus 4 Pilar MPR," tutur Oso.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com