Advertorial

Menengok "Kampoeng" Kecil BNI di INACRAFT 2017

Kompas.com - 28/04/2017, 22:36 WIB

Pameran kerajinan tangan Indonesia bertaraf Internasional INACRAFT 2017 memang menawarkan segudang kerajinan tangan yang menarik, kreatif, dan unik dari para pelaku usaha kecil menengah di Indonesia. Jika berkunjung ke pameran ini, coba sempatkan diri mengunjungi Kampoeng BNI yang terletak di sebelah stan utama Bank Negara Indonesia (BNI), Hall A Jakarta Convention Center (JCC).

BNI sebagai mitra pendukung utama dalam pameran ini membawa lima perwakilan kampung binaannya yang telah sukses mengikuti program Kampoeng BNI. Program ini merupakan bentuk kontribusi BNI dalam memberdayakan masyarakat di berbagai daerah untuk menonjolkan keunggulannya dalam tiga bidang seperti kelautan, pangan, dan industri kreatif.

"Kami mendorong mereka untuk bergerak maju dalam melakukan kegiatan usaha supaya mereka menjadi tangguh dan mampu berdaya saing dengan yang lain," ujar Ryan Kiryanto, Corporate Secretary BNI dalam keterangan persnya, Jumat (28/4/2017).

Kiryanto mengatakan bahwa berbagai macam bentuk pemberdayaan masyarakat yang dilakukan adalah dengan memberikan kredit lunak berbunga rendah untuk modal usaha, infrastruktur penunjang usaha hingga pelatihan.

Salah satu pelaku usaha yang sukses berkat program Kampoeng BNI adalah Sri Winarti. Perempuan asal Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah ini awalnya khawatir dengan rintisan usaha batiknya. Pada momen itu, BNI sedang mencari mitra program dan mengajaknya untuk memperluas kemampuan usahanya.

"Saya senang BNI membantu saya dengan memberikan kredit lunak, sampai pelatihan seperti pelatihan pemasaran produk yang kita buat," ujarnya.

Program Kampoeng BNI membuat kegiatan usaha batik tulis Winarti menjadi berkembang hingga dilirik pembeli dari luar negeri seperti Singapura. Selain itu, ia menjadi mengerti akan pentingnya pemasaran via internet.

"Alhamdulilah pendapatan kita semakin banyak berkat bantuan BNI. 60 persen dari hasil penjualan di toko-toko cabang, 40 persennya lagi dari penjualan online. Karena sampai saat ini kami masih harus banyak belajar soal pemasaran online," jelasnya.

-

Bagi Winarti, pemberdayaan yang dilakukan oleh BNI membuat para mitra binaan untuk mampu bergerak secara mandiri tanpa tergantung pada pihak lain. Di sisi lain pemberdayaan Kampoeng BNI juga membuat masyarakat di sekitar wilayahnya menjadi lebih produktif selain bekerja sebagai petani dan peternak.

Kiryanto juga menuturkan, pemberdayaan Kampoeng BNI nantinya akan bergerak ke wilayah bagian timur Indonesia."Karena selama ini kami fokusnya lebih ke wilayah barat dan tengah. Ke depan kami sedang berusaha memperluas jangkauan program kami secara bertahap ke wilayah timur seperti di daerah Sulawesi, Sumba, Fak Fak, bahkan Raja Ampat," ujarnya.

Kiryanto menuturkan untuk menjaga keberlangsungan program binaan, pihaknya mendorong kampung-kampung di wilayah timur tersebut menjadi tujuan wisata.

Promo Kartu Kredit BNI

Karya batik tulis Winarti, pelaku usaha binaan program Kampoeng BNI juga dihadirkan dalam ajang INACRAFT 2017 dan sukses menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk berbelanja dengan kartu kredit BNI.

Antusiasme pengunjung bertambah karena pada pameran kali ini, para pemilik Kartu Kredit BNI juga diberi kesempatan mendapatkan beragam hadiah seperti 1 unit iPhone7 32GB untuk  transaksi tertinggi Kartu Kredit BNI Mastercard selama INACRAFT 2017 berlangsung.

"Selain itu juga terdapat promo cicilan BNI Installment  nol persen pada tenor 6 bulan untuk minimal pembelian Rp 1 juta,  cicilan BNI juga ditawarkan sebesar nol persen untuk tenor 12 bulan dengan minimal pembelian Rp 5 juta," ujar Kiryanto.

Tidak ketinggalan, BNI juga menyiapkan promo berupa cashback senilai Rp 1 juta untuk minimal akumulasi transaksi per hari Rp 5 juta khusus Kartu Kredit BNI Mastercard. Cashback Rp 300.000 juga diberikan untuk minimal akumulasi transaksi per hari Rp 1 juta khusus Kartu Kredit BNI Mastercard.

Adapun cashback Rp 150.000 diberikan untuk minimal akumulasi transaksi per hari Rp 1 juta untuk Kartu Kredit BNI Visa dan Japan Card Bureau (JCB). Informasi top spender dan pengembalian cashback akan dilakukan 1,5 bulan setelah acara selesai. Cashback berlaku per nama pelanggan.

Extra cashback Rp 1 juta juga tersedia bagi pemilik Kartu Kredit BNI dengan cara menukarkan BNI Reward Points di booth BNI yang berada di pre-function hall A. Syaratnya adalah dengan melakukan transaksi berapapun di INACRAFT. Promo-promo tersebut tidak berlaku untuk Kartu iB Hasabah Card dan Corporate Card.

"Melalui Kartu Debit BNI, kita bisa memberikan hadiah voucher belanja hingga Rp 500.000 serta kesempatan mendapatkan hadiah smartphone dan motor untuk top spender," tutupnya.

Sementara itu, General Marketing Bisnis Kartu BNI, Corina menyampaikan bahwa aktivitas penjualan kartu kredit BNI mengalami pertumbuhan yang pesat pada pameran kali ini dengan capaian sebesar 120 persen dibandingkan pertumbuhan penjualan pada tahun 2012. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com