Advertorial

Tahun Ini, Daya Saing Indonesia Naik Peringkat

Kompas.com - 12/06/2017, 17:00 WIB

Perbaikan infrastruktur yang dilakukan pemerintah rupanya berhasil mendorong peringkat daya saing Indonesia. The 2017 IMD World Competitiveness Year Book, menyebutkan Indonesia menempati urutan 42 dalam daftar peringkat daya saing.

Angka tersebut menunjukkan daya saing Indonesia naik enam level dibanding 2016. Saat itu Indonesia duduk di angka 48 dari 63 negara yang disurvei. Dalam penilaiannya, Institute of Management Development (IMD) menggunakan 260 indikator, seperti jumlah angkatan kerja, statistik perdagangan, hingga data survei terhadap 6.250 responden dari pelaku bisnis.

Kendati demikian, di kawasan ASEAN, peringkat Indonesia masih kalah dibanding negara lainnya. Filipina berada persis di atas Indonesia di peringkat 41 atau naik satu peringkat dibanding tahun lalu. Selanjutnya, Thailand berada di peringkat 27 atau naik satu tingkat dari tahun lalu yang berada di posisi 28.

Malaysia berada di urutan 24 atau turun lima peringkat dibanding tahun lalu yang berada di posisi 19. Sedangkan, Singapura menempati posisi teratas untuk anggota ASEAN. Bahkan di peringkat dunia daya saing Singapura naik satu level di banding tahun lalu.

Sementara itu, untuk posisi teratas dunia untuk tingkat daya saing investasi ditempati oleh Hong Kong. Peringkat kedua ditempati Swiss dan urutan ketiga ditempati oleh Singapura.

Sumber : Website BCA Prioritas/Beritagar

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com