Advertorial

Ini Kriteria Usaha yang Bisa Didaftarkan Program Banpres Produktif

Kompas.com - 22/11/2020, 19:26 WIB

KOMPAS.com - Salah satu bantuan pemerintah yang masih dibuka pendaftarannya pada November 2020 adalah Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM).

BLT UMKM atau dikenal sebagai Bantuan Presiden (Banpres) Produktif merupakan bantuan yang diberikan kepada para pelaku usaha mikro kecildan menengah (UMKM) di Indonesia.

Besaran BLT UMKM yang akan diterima pendaftar yang lolos adalah Rp 2,4 juta. Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop UKM Hanung Harimba Rachman mengatakan meski pendaftar telah melebihi kuota tapi pendaftaran masih dibuka.

“Daftar saja asal memenuhi syarat, yakni memiliki usaha berskala mikro, peserta adalah Warga Negara Indonesia (WNI) dan bukan Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri, pegawai BUMN/BUMD, serta tidak sedang memiliki pinjaman di bank dan Kredit Usaha Rakyat (KUR),”ujarnya seperti diberitakan Kompas.com Jumat, (16/10/2020).

Lantas, usaha seperti apa yang masuk kriteria penerima Banpres Produktif? Hanung menjelaskan, usaha mikro bidang apa pun bisa didaftarkan, termasuk home industry.

"Usaha rumahan boleh. Asal dia permanen ya bukan iseng-iseng," katanya diberitakan Kompas.com, Kamis (5/11/2020).

Satu hal yang pasti, kata Hanung, adalalah usaha harus bisa dibuktikan. Dia mencontohkan usaha seperti menjual makanan, minuman, dan sebagainya dapat didaftarkan.

"Dia (pemilik usaha harus) bisa membuktikan ke kelurahan kalau (usahanya) sudah berjalan. Yang penting bukan karena ingin mendapatkan itu lalu dia bikin usaha terus besok sudah tutup," katanya lagi.

Pendaftar bisa mendaftar ke dinas koperasi dan UMKM setempat, koperasi berbadan hukum, dan kementerian/lembaga.

Tempat pendaftaran itu kata Hanungdisebut sebagai pengusul. Mereka akan mendata masyarakat yang mendaftar.

“Mereka harus bisa mempertanggungjawabkan orang-orang yang diusulkannya. Mereka yang akan membuktikan bahwa yang bersangkutan memang punya usaha yang riil," kata Hanung.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com