Menuju Swasembada

Pangan 2017

Kementerian Pertanian Republik Indonesia bertekad untuk mewujudkan pertanian industrial unggul berkelanjutan berbasis sumber daya lokal demi meningkatkan kemandirian pangan, ekspor dan kesejahteraan petani.

Berita

Jumat, 20 Mei 2016

8 Toko Tani Jual Pangan Murah di Jakarta

Kementerian Pertanian menggelar program penjualan bahan pangan murah di DKI Jakarta, untuk memastikan stabilisasi harga menjelang Ramadhan dan memperpendek rantai tata niaga komodtias itu. Penjualan dilakukan di 8 toko tani Indonesia (TTI) di Ibu Kota.

Selasa, 17 Mei 2016

Aman, Stok Pangan untuk Ramadhan

Stok pangan selama Ramadhan dan lebaran dipastikan aman. Tak hanya beras tetapi juga bawang.

Kamis, 5 Mei 2016

Siap-siap, Beras Premium akan Dijual Murah di Jakarta

Jakarta terpilih sebagai kota pertama penjualan komoditas pangan murah berkualitas. Hal ini diumumkan oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

Kamis, 5 Mei 2016

Begini Rencana Kementan Kembangkan Bahan Bakar Nabati

Sebagai salah satu anggota Dewan Energi Nasional (DEN), Kementerian Pertanian turut andil dalam penyiapan Bahan Bakar Nabati (BBN) atau biofuel. Tugas itu menjadi tanggung jawab di samping usahanya mewujudkan kedaulatan pangan.

Kamis, 5 Mei 2016

Indonesia Segera Memiliki Lumbung Holtikultura

Dari hasil pengamatan, Kabupaten Luwuk Raya adalah kawasan yang hampir tidak pernah mengalami musim kemarau. Karena itu, Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman berencana menjadikannya sebagai lumbung holtikultura Indonesia.

Rabu, 4 Mei 2016

Sekarang, Tak Ada Lagi Cerita Bantuan Pertanian Telat Datang

Sejumlah perubahan kebijakan dan regulasi terus bergulir di sektor pertanian. Tujuan dari semua kebijakan dan regulasi itu adalah sebesar-besar manfaat bagi para petani. Tak ada lagi cerita bantuan pertanian salah waktu.

Rabu, 4 Mei 2016

DPR Minta Pemerintah Naikkan HPP Gabah dan Beras

Harga pembelian pemerintah (HPP) untuk beras dan gabah dinilai cenderung selalu lebih rendah daripada harga pasar. Pemerintah diminta menaikkan HPP agar petani bisa menikmati hasil taninya dengan harga layak.

Selasa, 3 Mei 2016

Upaya Hulu-Hilir, Jawaban untuk Transformasi Struktural Pertanian

Transformasi struktural di sektor pertanian telah terjadi, diinginkan atau tidak. Meski demikian, tranformasi ini juga memberikan imbas positif bagi kesejahteraan petani. Bagaimana bisa?

Senin, 2 Mei 2016

Rekor, Sawah di Bantaeng Panen 9,4 Ton per Hektar

Produktivitas padi di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, pada musim panen Maret-April 2016 mencapai 9,4 ton gabah per hektar.

Selasa, 26 April 2016

Target 2016, Impor Jagung Tak Sampai 1 Juta Ton

Produksi jagung nasional pada 2016 ditargetkan mencapai 24 juta ton. Perbaikan produktivitas dan manajemen distribusi menjadi tantangan untuk mewujudkan terpenuhinya kebutuhan jagung di dalam negeri dari produksi sendiri, termasuk bagi industri pakan tern

Selasa, 26 April 2016

Demi Kesinambungan, Investasi Pertanian Butuh Kawalan Kelembagaan

Upaya mewujudkan target swasembada pangan pada 2017 butuh beragam upaya, termasuk investasi pertanian. Langkah investasi tersebut perlu "kawalan" agar bermanfaat secara berkesinambungan.

Senin, 25 April 2016

Sudah Tepatkah Polemik Analisis Kesejahteraan Petani?

Devil is in the detail, merupakan adagium yang sudah jamak dikenal. Ujaran soal pemahaman detail ini dinilai juga berlaku saat bicara tentang kesejahteraan petani. Misalnya, untuk mengukur taraf hidup para petani.

Kamis, 21 April 2016

Seperti Apa Tata Kelola Air Irigasi dari Waduk Jatigede?

Mengantisipasi kebutuhan air menjelang musim tanam 2 (MT II), tim dari Kementerian Pertanian meninjau dan memastikan kemampuan pasokan aliran air Waduk Jatigede. Kepastian ini juga diperlukan untuk mengantisipasi musim kemarau.

Selasa, 19 April 2016

Sampai Juni 2016, Ada Vaksinasi Massal Rabies di Bali

Angka kasus rabies di Bali terpantau naik pada 2014 dan 2015, sekalipun jumlah kasus sudah turun lebih dari 90 persen pada periode 2011 hingga 2013. Mencegah kasus rabies kembali marak, lebih dari 400.000 anjing di Bali akan mendapat vaksinasi.

Kamis, 14 April 2016

“Sergap”, Strategi Kementan Soal Beras

Ada strategi baru Kementerian Pertanian pada 2016, terkait upaya pengendalian pasokan dan harga beras. Apakah itu?

More