Pencairan BLT Bulan Ini

Kompas.com - 13/03/2009, 16:08 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah siap mencairkan dana Bantuan Langsung Tunai paling lambat Maret ini. Hal tersebut disampaikan Dirjen Perbendaharaan Negara Herry Purnomo di Gedung Depkeu, Jakarta, Jumat (13/3).

"Pencairan dana BLT bisa dilakukan pada Maret ini. Tapi kami tidak mematok tanggal. Namun, Departemen Sosial katanya akan mencairkan pada minggu ini, jadi ini kami tunggu sampai sore. Seandainya tidak jadi, paling telat minggu depan," katanya.

Menurut Herry, pihaknya sudah siap untuk mencairkan dana BLT hari ini.

Dana BLT yang dicairkan sekitar Rp 3,7 triliun. Jumlah ini untuk dibagikan ke sekitar 18 juta rumah tangga sasaran (RTS) untuk dua bulan pemberian BLT. Per RTS akan mendapat Rp 100.000. "Diperkirakan uang yang akan cair mendekati Rp 3,7 triliun," ujarnya.

Pencairan ini nantinya hanya memindahkan nominal uang dari rekening pemerintah di Bank Indonesia ke rekening Departemen Sosial untuk kemudian diberikan ke RTS lewat Kantor Pos.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com