Penerima BLT di Magelang Berkurang

Kompas.com - 19/03/2009, 19:22 WIB

MAGELANG, KOMPAS.com — Jumlah penerima bantuan langsung tunai (BLT) di Magelang tahun ini berkurang. Jika sebelumnya mencapai 126.820 kepala keluarga (KK), maka pada tahun 2009, menyusut menjadi sekitar 119.000 KK.

"Namun, kepastian data menyangkut jumlah penerima BLT tersebut baru akan kami terima mendekati jadwal pencairan BLT," ujar Kepala Kantor Pos Magelang Joko Asmoro.

Penurunan jumlah penerima BLT ini didapatkan dari hasil verifikasi yang dilakukan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada September 2008. Penyusutan angka ini diantaranya terjadi karena warga yang semula termasuk dalam kategori tidak mampu, kini sudah berubah menjadi keluarga mampu.

Saat ini, pencairan BLT sendiri sudah berjalan di 33 ibu kota provinsi. Namun, pencairan BLT di Kota dan Kabupaten Magelang sendiri, hingga saat ini, belum dijadwalkan.

Pada tahun 2008, alokasi dana BLT bagi Kota dan Kabupaten Magelang mencapai Rp 88,7 miliar, dengan jumlah penerima sebanyak 126.820 KK. Dari jumlah itu sebanyak 511 KK tidak mengambil sehingga sisa dana BLT sebesar Rp 193.100.000 terpaksa dikembalikan kepada pemerintah pusat.

Sisa dana tersebut tidak diambil karena warga penerima meninggal dunia, pindah alamat, atau tidak lagi dianggap layak menerima BLT.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com