Presiden Usulkan Pengganti Siti Fajriah

Kompas.com - 08/03/2010, 23:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Senin (8/3/2010) malam telah menandatangani surat pencalonan pengganti Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Siti Ch Fajriah. Surat tersebut telah dikirimkan kepada DPR malam ini juga. Demikian disampaikan Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi menjawab pers usai mengantar keberangkatan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan rombongan ke Australia di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Siti yang saat ini tengah sakit akibat stroke akan mengakhiri jabatan pada tanggal 9 Juni mendatang. Menurut ketentuan UU BI, 3 bulan sebelumnya atau pada tanggal 8 Maret, Presiden harus sudah mengajukan sejumlah nama pengganti.

Dari informasi yang diterima Kompas, tiga nama pengganti Siti Fajriah adalah dua diantaranya orang dalam BI yaitu Terry Wargiyo dan Halim Alamsyah. Sedangkan nama lainnya adalah pengamat ekonomi Krisna Wijaya yang pernah bekerja di BRI. Disebut-sebut ada satu nama lagi, namun belum diketahui.

Sebelumnya Direktur Perencanaan Strategis dan Hubungan Masyarakat BI, Diah Nastiti, membenarkan bahwa pada akhir Februari lalu BI sudah menyampaikan nama-nama pengganti Siti ke Presiden SBY. Namun ia tidak mau menyebutkan siapa saja nama-nama pengganti Siti Fajriah itu.

Meskipun Presiden SBY sudah mengajukan nama-nama pengganti Siti Fajriah, namun hingga ini tercatat Presiden belum juga mengajukan nama pengganti calon Gubernur BI setelah Boediono ditetapkan sebagai Wapres. Banyak kalangan yang menyayangkan mengapa hingga kini Presiden belum mengajukan calon Gubernur BI itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com