Advertorial

Aksi BRI Peduli untuk Gempa Nepal

Kompas.com - 17/06/2015, 08:52 WIB

Gempa bumi yang baru-baru ini melanda Nepal telah menimbulkan korban jiwa serta kerusakan fisik di beberapa wilayah negara tersebut. Gempa bumi berkekuatan 7,8 skala richter di kedalaman sekitar 15 km itu telah melumpuhkan aktivitas warga dan menyebabkan ribuan orang mengungsi.

Ibukota Nepal, Kathmandu, menjadi kota yang paling parah terdampak gempa tersebut. Hampir semua bangunan di kawasan yang dihuni oleh sekitar 2,5 juta jiwa penduduk itu rata dengan tanah.

Bersamaan dengan mobilisasi bantuan kemanusiaan internasional, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk turut berpartisipasi mengirimkan bantuan kemanusiaan yang akan diberikan kepada rakyat Nepal yang menjadi korban bencana gempa bumi.

Sekretaris Perusahaan BRI Budi Satria di Jakarta mengungkapkan, BRI membantu keberangkatan tim tanggap darurat bencana yang terdiri atas unsur Pramuka, Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU), dan lembaga kemanusiaan lainnya untuk memberikan bantuan kepada para korban.

-

”Bantuan kemanusiaan senilai hampir Rp 200 juta tersebut berupa sarana prasarana kebutuhan untuk tanggap darurat bencana, seperti obat-obatan, bahan makanan, tenda pengungsi, air bersih, selimut, dan sebagainya,” tutur Budi.

Budi menjelaskan, bantuan kemanusiaan yang diberikan oleh BRI ini,merupakan bentuk kepedulian sosial dari perusahaan dalam membantu korban alam. Dalam bidang penanganan terhadap bencana alam, bantuan kemanusiaan seperti ini bukan yang pertama kalinya dilakukan BRI.

Sebelumnya BRI telah berpartisipasi dalam meringankan beban korban bencana alam mulai dari banjir Jakarta, gempa Yogyakarta, Padang, Sinabung, tsunami di Aceh, hingga bencana topan haiyan di Filipina. “Dalam kegiatan ini, BRI juga melibatkan pihak-pihak terkait yang memiliki kompetensi di bidangnya dan peran serta kelompok masyarakat setempat,” ujar Budi.

Lebih lanjut Budi mengatakan, BRI senantiasa siap memberikan bantuan kepada masyarakat yang tertimpa musibah, baik dalam skala nasional maupun internasional. Karena hal ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial BRI untuk masyarakat. “Bantuan ini merupakan bagian dari tanggung jawab kemanusiaan yang sifatnya universal dari perusahaan,” terang Budi. 

Informasi mengenai BRI dan kegiatan CSR BRI dapat diakses melalui www.bri.co.id atau www.bangga-berindonesia.com. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com