Advertorial

Tips Tour Hemat ke Hong Kong

Kompas.com - 07/08/2015, 09:34 WIB

Saat ini Hong Kong menjadi salah satu destinasi wisata favorit di kawasan Asia. Berbagai hal menjadi daya tarik para wisatawan mengunjungi Hong Kong, mulai dari pemandangan gedung menjulang yang dibangun di atas peradaban kuno, kuliner khas yang menggugah selera, hingga berbelanja murah di pasar-pasar Hong Kong yang merupakan surga para pecinta shopping. Meskipun begitu berlibur ke Hong Kong tidaklah harus mahal, Anda hanya perlu tahu beberapa tips berlibur ke Hong Kong dengan hemat.

  1. 1.       Rencanakan dengan Matang

Bepergian ke mana pun, akan lebih mudah jika sudah direncanakan dan dipersiapkan dari jauh-jauh hari. Anda harus mengetahui berapa lama akan berada di sana serta membuat list tempat wisata mana saja yang harus dikunjungi. Melakukan riset tentang negara tujuan, baik itu tentang objek wisata, penginapan, sistem transpostasi, atau pun kulinernya merupakan hal yang penting dilakukan sebelum travelling.

Atau jika Anda baru pertama kali pergi ke Hong Kong, ada baiknya menggunakan paket tour karena perjalanan akan lebih mudah dan efektif. Saat ini banyak travel agent yang menyediakan paket tour ke Hong Kong dengan harga terjangkau. Anda tidak harus repot mencari penginapan dan bingung soal transportasi di sana. Tujuan yang lebih terarah dan waktu yang efisien menjadi nilai lebih menggunakan paket tour.

  1. 2.       Hindari High Season

Saat liburan sekolah atau pun tanggal merah merupakan saat yang paling banyak digunakan orang untuk liburan. Hal ini mengakibatkan harga tiket pesawat atau pun penginapan menjadi lebih mahal. Namun, tiap negara memiliki waktu terbaik untuk berkunjung yang berbeda-beda. Jika Anda ingin biaya traveling ke Hong Kong lebih hemat, Anda harus mengetahui waktu pergi ke Hong Kong yang sepi (low season).

Hong Kong memiliki musim-musim terbaik untuk dikunjungi (high season), yaitu pada saat musim gugur (September – Oktober) dan awal musim semi (Maret – Mei). Biasanya banyak wisatawan berkunjung pada musim ini. Untuk lebih menghemat biaya, Anda sebaiknya menghindari bulan-bulan tersebut. Mengunjungi Hong Kong pada low season memiliki keuntungannya sendiri, misalnya saja Anda tak perlu antri masuk ke objek wisata dan juga suasana liburan akan lebih nyaman karena tidak perlu berdesakan dengan wisatawan lain.

  1. 3.       Berburu Tiket Promo

Selama ini banyak yang beranggapan kalau tiket pesawat ke Hong Kong harganya mahal dan menguras kocek yang cukup dalam sehingga tak sedikit yang mengurungkan niatnya untuk pergi ke Hong Kong. Jika Anda ingin mendapatkan tiket murah, berburu tiket promo ke Hongkong adalah jalannya. Saat ini sudah banyak maskapai penerbangan atau travel agent yang sering menawarkan promo liburan. Anda harus rajin mengecek situs-situs maskapai atau travel agent serta mem-follow sosial media mereka, seperti Twitter atau Facebook agar mendapat info yang lebih up to date soal promo tiket pesawat.

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tiket murah adalah mengunjungi travel fair yang biasa diadakan oleh maskapai penerbangan atau pun travel agent. Umumnya tiket yang dijual saat travel fair jauh lebih murah, meskipun Anda haus berebut antri dengan banyak orang.

  1. 4.       Penginapan Hemat

Sebagai pusat bisnis dan juga surga belanja, Hong Kong memang cukup terkenal dengan jajaran hotel mewah dan berkelas. Secara umum, harga hotel dipatok berdasarkan pada view yang didapatkan atau ketinggian gedung. Hotel-hotel dengan view Victoria Harbour dan terletak di lantai tertinggi biasanya memiliki tarif termahal.  Untuk mendapatkan biaya penginapan yang lebih hemat, Anda dapat mencari tahu tentang hotel murah di Hong Kong sebelum pergi ke sana. Mem-booking dari jauh-jauh hari dan  menghindari high season dapat Anda lakukan untuk mendapatkan harga terbaik.

Atau untuk memangkas biaya penginapan lebih besar, Anda tidak perlu menginap di hotel berbintang. Menginap ala backpacker di hostel atau guest house dapat menjadi pilihan. Saat ini banyak hostel atau guest house yang nyaman dan murah dengan fasilitas hampir mendekati hotel, contohnya Kowloon New Hostel. Hostel ini cukup strategis karena letaknya cukup dekat dengan beberapa objek wisata ternama, seperti Tsim Tsa Shui, Victoria Harbor, dan Avenue of Stars. (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com