Inovasi Bisnis: Keripik Pisang untuk Penderita Diabetes

Kompas.com - 19/08/2015, 08:49 WIB
- -


Inovasi bisnis datang lagi dari anak muda Indonesia. Dari bidang kuliner, Ardhi Setyo Putranto dengan inovasi teknologinya menciptakan produk keripik pisang yang ditujukan bagi penderita diabetes.

BANANA QUEEN namanya. Ardhi memanfaatkan teknologi yang bisa menurunkan titik didih minyak, sehingga saat gula bertemu panas tidak menjadi kecoklatan dan pisang tetap kuning, juga terasa manis.

Produk tersebut menyasar segmen pasar yang sangat spesifik, yakni penderita diabetes. Tak hanya di Indonesia, BANANA QUEEN telah menjangkau pasar di negara lain, seperti Malaysia dan Belanda.

Selain dari sektor kuliner, anak muda Indonesia lainnya, Ketut Gede Budhi Riyanta, juga berinovasi dengan memproduksi bidai fraktur tulang universal dengan sistem koneksi Hook & Loop. Produk yang dikenal dengan nama PUZZLE SPLINT ini diperuntukkan bagi pasien patah tulang atau cidera pada tulang.

Empat inovasi produksi dan teknologi tampak pada produk PUZZLE SPLINT. Ukuran tiap unit PUZZLE SPLINT homogen dan menggunakan sistem interkoneksi Hook & Loop sehingga proses pemasangan jadi sangat cepat dan fleksibel.  Produk ini pun sesuai untuk X-Ray, CT Scan, dan MRI. Ditambah lagi, punya sifat hypoalergenic atau tidak menimbulkan alergi pada kulit pasien.  Selain itu, PUZZLE PRINT dapat disterilisasi dan dipakai berulang-ulang.

Ardhi dan Ketut adalah dua di antara 10 pemenang Shell LiveWIRE Business Start-up Awards (BSA) 2014. Kedua produk bisnis mereka sesuai dengan ajang ini, yang mengedepankan inovasi sebagai motor penggerak utama wirausaha muda pemula.

Telah banyak pebisnis muda yang ditemukan Shell LiveWIRE BSA sejak 2006. Hingga tahun lalu, inovasi bisnis dari para peserta makin bervariasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tahun 2015, Shell LiveWIRE BSA kembali menjaring pebisnis muda yang penuh dengan inovasi. Tak hanya memberi penghargaan untuk pebisnis pemula, Shell LiveWIRE BSA juga memberikan pelatihan bisnis gratis, lengkap dengan pendampingan dan konsultasi bisnis. Shell LiveWIRE juga memfasilitasi bantuan pendanaan riset dan feasibility study bagi pebisnis muda yang bermaksud memasuki perdagangan internasional dengan menjalankan ekspor melalui salah satu programnya yaitu Let’s Go Trade.

Sejumlah aktivitas ini dirancang dengan maksud untuk memotivasi anak muda usia 18-32 tahun untuk berwirausaha. Akhirnya, kontribusi anak muda mampu membantu meningkatkan perekonomian dan menciptakan peluang kerja.

Merasa termasuk kategori anak muda yang punya inovasi bisnis yang tak kalah dari keripik pisang untuk penderita diabetes “BANANA QUEEN” dan bidai fraktur tulang universal sistem Hook & Loop “PUZZLE SPLINT”? Segera daftarkan diri di Shell LiveWIRE Business Start-up Awards (BSA) 2015. Pendaftaran berlangsung hingga 31 Agustus 2015. Cari informasi lengkapnya dan unduh formulir pendaftarannya di http://livewire.or.id/. (Adv)

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.