Ancol Lestarikan Tanaman Langka Bersama Universitas Diponegoro

Kompas.com - 19/08/2015, 08:51 WIB
- -


Dalam rangka melestarikan sejumlah tanaman langka, PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk bekerjasama dengan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Diponegoro mengadakan upacara simbolis penanaman dilaksanakan pada Minggu (16/08/2015) di Ocean Ecopark, Ancol Taman Impian. Ada pun tanaman yang ditanam dalam upacara simbolis tersebut adalah pohon sakura dan pohon eboni yang jarang ditemui di Indonesia.

"Kami sangat terbuka terhadap niat baik rekan-rekan dari Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Diponegoro untuk melestarikan lingkungan bersama dengan Ancol Taman Impian. Hal tersebut mengingat bahwa kami juga memiliki tanggung jawab moral untuk melestarikan lingkungan dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. Selain itu, dengan ditanamnya pohon sakura dan pohon eboni di Ancol dapat memberikan pengetahuan bagi pengunjung Ancol mengenai pohon tersebut yang jarang ditemui di Indonesia." ujar Arif Nugroho selaku Direktur Properti PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk.

Tidak hanya itu, PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk bersama Universitas Diponegoro juga turut membagikan ratusan bibit tanaman kepada pengunjung Ocean Ecopark Ancol.

Kegiatan ini juga bersamaan dengan acara reuni akbar Teknik Supil Universitas Diponegoro yang diikuti seluruh angkatan dari tahun 1958-2010 berjumlah sekitar 2000 alumni yang tersebar diseluruh Indonesia dan mancanegara.

Dalam kegiatan reuni akbar ini juga diadakan pertemuan dengan Alumni Teknik Sipil Undip yang memberikan kontribusi membangun negeri. Sebagai insan pembangunan, alumni teknik sipil memiliki semangat membangun dengan mengedepankan pembangunan berwawasan lingkungan seperti green building, tata air serta penyelamatan abrasi pantai dan juga pembangunan rumah dengan biaya yang efisien. Hal ini sejalan dengan pengembangan kawasan Ancol yg berwawasan lingkungan.

Ocean Ecopark Ancol sendiri adalah lahan terbuka hijau hasil alih fungsi Padang Golf Jaya Ancol. Ocean Ecopark Ancol memiliki ribuan koleksi tanaman yang bertujuan sebagai upaya Ancol Taman Impian untuk turut melestarikan lingkungan dan memberikan edukasi kepada pengunjungnya. Tidak hanya itu, Ocean Ecopark Ancol juga memiliki fasilitas olahraga seperti jogging track dan penyewaan sepeda serta fasilitas edukasi satwa dan tanaman seperti rumah lebah dan learning farm yang selalu ramai pengunjung.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat mempererat tali silaturahmi PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk dengan Universitas Dipinegoro, serta dapat memberikan kontribusi nyata bagi pelestarian lingkungan. (Adv)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.