Spirit Penelitian untuk Ilmu Pengetahuan Hidupkan LIPI di Usia Ke-48

Kompas.com - 21/08/2015, 15:06 WIB
- -


Menginjak usia 48 tahun, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menggelar LIPI Sarwono Award dan LIPI Sarwono Memorial Lecture. Keduanya merupakan bentuk penghormatan kepada orang-orang yang berdedikasi tinggi pada dunia ilmu pengetahuan.

Penghargaan LIPI Sarwono Award yang diselenggarakan di Auditorium Utama LIPI, Kamis (20/8/2015) ini diberikan kepada Prof. Dr. Harry Truman Simanjuntak, seorang ahli arkeologi dari Pusat Arkeologi Nasional. Sementara pada LIPI Sarwono Memorial Lecture, Prof. Dr. Azyumardi Azra M.A., seorang cendekiawan muslim untuk menyampaikan kuliah ilmiah berjudul “Toleransi Beragama dalam Rangka Meningkatkan Persatuan Bangsa”.

Kepala LIPI Prof. Dr. Iskandar Zulkarnain menyatakan penghargaan ini diberikan karena LIPI sebagai lembaga keilmuan terkemuka di Indonesia perlu memberikan apresiasi tinggi kepada tokoh-tokoh bangsa yang telah berjasa untuk kemajuan iptek. “Tujuan pemberian penghargaan ini untuk memberikan tempat terhormat bagi para peneliti yang mengabdikan dirinya untuk pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia,” tutur ia.

LIPI Sarwono Award dimulai sejak 2001, sedangkan LIPI Sarwono Memorial Lecture telah dirintis sejak tahun 2000. Dua ajang ini tidak lepas dari semangat Prof. Dr. Sarwono Prawirohardjo, pendiri sekaligus ketua pertama LIPI.

“Penelitian ilmiah adalah sumber dari ilmu pengetahuan. Karena dengan penelitian, diperoleh fakta serta pemikiran baru yang menambah pengetahuan manusia tentang keadaan alam semesta. Dengan penelitian, ilmu pengetahuan menjadi berkembang dan meluas. Pemikiran yang dilahirkan dari penelitian sering kali berpengaruh besar terhadap kemajuan masyarakat dan mempertinggi taraf kehidupan rakyat,” tutur Sarwono dalam Konferensi Ilmu Pengetahuan Nasional (KIPNAS) pertama, 3 Agustus 1958 di Malang.

Spirit tersebut terus hidup untuk sivitas LIPI dan masyarakat ilmu pengetahuan Indonesia, juga tertuang pada tema Hari Ulang Tahun ke-48 LIPI: “Dari LIPI untuk Indonesia”. Di hari jadinya tahun ini, LIPI ingin memberikan hasil kerja dan karya risetnya untuk masyarakat Indonesia.

Selain dua perhelatan akbar LIPI Sarwono Award dan LIPI Sarwono Memorial Lecture, LIPI juga menggelar seremoni dan berbagai kegiatan lain untuk memperingati hari ulang tahunnya. Beberapa agendanya antara lain penandatanganan nota kesepahaman kerja sama, dengan Universitas Syiah Kuala, Badan Narkotika Nasional, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. Selain itu, LIPI juga akan memberikan Technology Transfer Award (Penghargaan Alih Teknologi) dan Inventor Award, serta meluncurkan Policy Brief Papua. (adv)