Advertorial

Kerja Sama Komite I DPD RI dengan Lembaga Negara untuk Pilkada Serentak

Kompas.com - 02/09/2015, 13:52 WIB

Dalam rangka membahas kesiapan Pilkada Serentak 2015, Komite I DPD RI menyelenggarakan rapat kerja pada hari Selasa (02/09/2015) di Ruang Rapat Komite I DPD, Kompleks MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, bersama KetuaKomisiPemilihanUmum (KPU)HusniKamilManik, KetuaBadanPengawasPemilihanUmum (Bawaslu)Muhammad, WakilKepalaKepolisianRepublik Indonesia (Polri)Budi Gunawan, dan KepalaBadanIntelijen Negara (BIN)Sutiyoso. Rapat kerja yang dipimpin oleh Ketua Komite I DPD RI AkhmadMuqowam, juga turut dihadiri oleh Wakil Ketua MPR Oesman Sapta.

Setelah mendengarkan pemaparan dari masing-masing lembaga negara. Komite I DPD pun menyatakanapresiasinyaterkaitpenjelasan perkembangan penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2015 yang disampaikan oleh KPU, Bawaslu, Kepolisian RI, danBIN, sekaligus mengapresiasi upaya darimasing-masingLembaga untuk mesukseskan penyelenggaraan Pilkadaserentaktahun 2015.

Komite I DPD RI juga mendorong KPU untuk penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2015 mulaidari proses pemutahiran data pemilihdanpengumuman data pemilih, pencalonan, penetapanpasangancalon, identifikasimasalah-masalahterkaitdalampenetapanpasangancalon, pascapenetapanpasangancalon, denganantisipasisengketasesuai dengan jadwal dan ketentuan yang berlaku.

Selain itu, dukungan juga diturunkan untuk Bawaslu untuk melaksanakanfungsi pengawasan dalampenyelenggaraan Pilkada serentak, khususnya di dalam tahapan pencalonan; pengawasan kampanye, pemutahiran data pemilih, danpengumuman data pemilih.

Untuk Kepolisian RI, Komite I DPD RI mendorongKepolisian RI untukberorientasikepadasuksesPilkadaserentaktahun 2015, denganmelakukanberbagaikesiapantermasukapresiasiterhadapkomitmenKepolisian Negara Republik Indonesia dengannetralitasnyadalampelaksanaanPilkadaserentaktahun 2015.

Komite I DPD RI juga berharap agar BIN memberikan perhatian dan melaksanakandeteksi dini terhadap indikasi-indikasi terjadinya kerawanan di daerah yang dapat mengganggu proses penyelenggaraan Pilkada serentak, baik daerah-daerah yang memilki tingkat kerawanan tinggi, sedang, ataurendah, sekaligusmengapresiasikesiapan BIN denganpembentukanSatgasIntelijenTerpadu.

Untuk itu, Komite I DPD RI berharap kerja sama KPU, Bawaslu, Kepolisian, dan BIN dalam rangka mensukseskan penyelenggaraan Pilkada serentak Desember 2015. (Adv)

Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau