Senin, 14 September 2015

Dukungan DPD RI Kepada Pemerintah Daerah Menghadapi MEA

- -


Dalam rangka persiapan masuknya MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) di Indonesia, DPD RI mengadakan Focus Group Discussion (FGD) pada Sabtu, (12/09/2015). Mengambil tema Kesiapan Indonesia Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), acara ini dibuka oleh Wakil ketua DPD RI Farouk Muhammad.

"Diharapkan dengan adanya kegiatan FGD ini, akan menjadi bagian dari upaya menumbuhkan kembali semangat bagi kita semua untuk memperoleh masukan mengenai analisis umum kesiapan daerah, dampak bagi produk dan jasa unggulan di daerah, serta formula dan strategi untuk menghadapi dinamika ekonomi dan politik dari implementasi MEA ,” tutur beliau.

Farouk juga menjelaskan bahwa, DPD akan memperjuangkan aspirasi daerah dan memfasilitasi kerjasama daerah baik antar daerah di Indonesia maupun kerjasama daerah dengan daerah lain di luar negeri.

Sebagai perpanjangan tangan daerah dalam menetapkan kebijakan-kebijakan politis di tingkat nasional, DPD harus dapat menjadi inspirator dan motor penggerak pembangunan daerah yang dapat diandalkan. DPD dapat mengambil peran dalam upaya mengajak seluruh pemangku kepentingan dalam melaksanakan MEA.

"Dalam hal ini, DPD RI berkomitmen utk terus melakukan langkah langkah strategis guna mendorong percepatan pelaksanaan program-program pembangunan dalam rangka implementasi MEA yg akan segera digelar," tandasnya.

Diskusi ini juga diharapkan dapat memberikan masukan dari para pakar dan narasumber untuk BKSP (Badan Kerja Sama Parlemen) DPD RI dalam menjalankan fungsi dan tugas BKSP sebagaimana yang telah ditentukan dalam peraturan tata tertib DPD RI. Tak hanya Farouk, acara ini juga dihadiri oleh Dirjen ASEAN Kementerian Luar Negeri, Kementerian Bappenas, Kementerian KUKM,  Kementerian perdagangan dan Rektor Universitas Paramadhina - Jakarta. (adv)