Irman Gusman: Kehadiran Mahatma Gandhi untuk Seluruh Dunia

Kompas.com - 03/10/2015, 15:45 WIB
- -


Ketua DPD RI Irman Gusman menyampaikan jika ajaran yang diberikan oleh Mahatma Gandhi tidak hanya untuk India, melainkan untuk Indonesia bahkan seluruh dunia. Hal ini Ia sampaikan saat memperingati 146 Tahun Kelahiran Mahatma Gandhi & Hari Internasional Tanpa Kekerasan, di Gandhi Memorial International School, Kemayoran, Jakarta, Jumat (02/10/2015.

Sebelumnya Irman pun mengungkapkan jika dirinya bangga bisa ikut serta dalam acara tersebut. Beliau pun mengungkapkan jika Mahatma Gandhi meninggalkan pelajaran yang berharga mengenai nilai-nilai kemanusiaan dan moral untuk menjadi tolak ukur kita dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Ia pun mengutip ajaran Gandhi seperti ‘selalu melakukan hal-hal baik, walaupun tidak ada yang melihat’, Irman mengungkapkan jika sekarang walaupun banyak orang melihat, mereka hanya untuk kesalahan yang diperbuat orang lain, itu sebabnya banyak sekali terlihat masalah yang semakin meningkat.

Untuk itu, menurutnya di dalam dunia yang hancur akan ketidakpercayaan, ketidakharmonisan, konflik dan perang, kita perlu perlunya menengakkan ajaran dari Great Father of India. Beliau pun melanjutkkan, untuk merubah dunia menjadi lebih baik, setiap orang pun harus berubah menjadi lebih baik, hal ini bisa dimulai dari tempat kerja, sekolah, komunitas, dan lingkungan.

Lebih lanjut lagi, Irman pun menyebutkan jika Gandhi Memorial International School bukan hanya sekedar sekolah, melainkan tempat untuk menyebarkan filsafat, nilai-nilai , ajaran , dan kehidupan Mahatma Gandhi. “Gandhi " Hidupku adalah pesan," jadi sekolah ini menjadi pesan dan buku yang terbuka bagi dunia untuk mengetahui dan mengingat ajaran Gandhi,” ujar Irman.

Irman pun menutup pidatonya dengan memberikan selamat merayakan 146 Tahun Kelahiran Mahatma Gandhi. “Selaku Ketua DPD RI Indonesia, saya mengucapkan selamat merayakan 146 tahun kelahiran Mahatma Gandhi. Semoga kisah hidupnya bisa menjadi inspirasi untuk banyak masyarakat di dunia ini,” tutupnya. (adv)