Stimulus Riset Mahasiswa terhadap Energi Baru Terbarukan

Kompas.com - 19/10/2015, 11:02 WIB
- -


Visi Pertamina untuk menjadi perusahaan energi nasional kelas dunia bukan slogan semata. Hal tersebut dibuktikan perusahaan ini melalui perannya yang besar dalam mendukung cita-cita pemerintah mewujudkan bauran energi pada 2025. Salah satu wujud nyata yang telah dilakukan Pertamina yaitu melalui pengembangan energi panas bumi.

Melalui proyek-proyek pengembangan energi panas bumi, Pertamina berupaya menggenjot kapasitas pembangkit listrik panas bumi hingga 1.026 MW pada 2019. Jika hal ini terwujud, bahan bakar minyak (BBM) yang bisa dihemat mencapai lebih dari 43.000 barrel setara minyak per hari. Pertamina juga terbuka untuk bekerja sama dengan pihak-pihak lain dalam mengembangkan energi baru terbarukan lainnya.

-

Olimpiade Sains Nasional

Upaya Pertamina ini tak hanya terwujud dari kegiatan bisnisnya, tetapi juga kegiatan CSR. Melalui Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2015, Pertamina mengusung tema “Energi Baru Terbarukan” untuk lomba kategori proyek sains. Tema tersebut menjadikan OSN tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Melalui tema tersebut, Pertamina berharap mendapatkan ide-ide cemerlang dari riset mahasiswa terkait energi baru terbarukan.

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir mengatakan kegiatan OSN Pertamina 2015 merupakan cikal bakal keterlibatan mahasiswa dan perguruan tinggi dalam upaya membangun kesadaran dan dukungannya dalam pengembangan ilmu sains dan teknologi.

-

“Dengan adanya kompetisi science project, kami berharap bisa mendorong lahirnya riset teknologi dari kampus yang bisa mendukung pengembangan energi baru dan terbarukan,” jelas Muhammad Nasir.

“Cita-cita bauran energi pemerintah pada 2025 nanti, sekitar 25 persen dari seluruh penggunaan energi akan menggunakan energi baru terbarukan. Oleh karena itu, kami berusaha untuk meningkatkan minat dan kemampuan mahasiswa di bidang tersebut sejak dini, salah satunya melalui proyek sains ini,” jelas Corporate Secretary Pertamina Wisnuntoro.

Sebagai informasi, OSN Pertamina diselenggarakan sejak 2011. Setiap tahun, animo peserta meningkat dan kompetisi ini telah menjadi event tahunan yang dinanti-nanti oleh perguruan tinggi, terutama di bidang sains dan teknologi. Menariknya, OSN tahun ini menjadi lebih spesial berkat keikutsertaan tim peserta dari negara tetangga. [*/INO]