Pimpinan DPD RI menerima Kunjungan Wakil Presiden India

Kompas.com - 04/11/2015, 09:16 WIB


Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Irman Gusman menerima kunjungan resmi Wakil Presiden India Mohammad Hamid Ansari di Ruang Delegasi DPD RI, (03/11/2015), Jakarta. Pertemuan ini dalam rangka membahas soal penguatan hubungan bilateral kedua negara, dan penguatan hubungan parlemen antara  Indonesia dan India.

Irman Gusman mengatakan Indonesia dan India memiliki karakter parlemen yang khas dan unik. “Jika di Indonesia ada DPR yang mewakili rakyat lewat jalur partai politik, dan DPD RI yang mewakili kepentingan rakyat dan daerah, maka India memiliki Rajya Sabha (Dewan Negara Bagian), dan Lok Shaba (Dewan Perwakilan Rakyat)” ujar Irman.

Berdasarkan UUD India, Rajya Sabha beranggotakan 250 orang yang mewakili masing – masing negara bagian dengan masa jabatan 6 tahun. “Wakil Presiden India secara otomatis menjabat Ketua Rajya Sabha. Kita ingin bertukar gagasan salah satunya mengenai parlemen ini. Jika di sana ada Rajya Sabha, di Indonesia ada DPD RI” Irman menjelaskan.

Untuk itu, DPD RI mendorong kerjasama lebih erat antara lembaga legislatif kedua negara, khususnya antara DPD RI dengan Rajya Sabha. “Saling kunjung pimpinan lembaga legislatif serta para anggota parlemen kedua negara sangat penting untuk dilakukan, untuk memperkuat relasi ke depannya” ujar Irman.  

Irman juga menambahkan bahwa  India merupakan negara yang sangat dekat secara budaya dengan Indonesia. Jauh sebelum kedua negara berdiri, masyarakat India dan Indonesia telah memiliki hubungan budaya yang terjalin dengan baik, walaupun hubungan diplomatik antar Indonesia dengan India baru dibuka sejak Maret 1951.

Maka dari itu, DPD RI juga mendorong penguatan kerja sama bidang ekonomi, dan perdagangan anatara RI dan India. “India termasuk mitra strategis Indonesia, kedekatannya sudah komprehensif partnership” ujar Irman.

“Kita tahu India sangat kuat dalam bidang teknologi, sains dan engineering, sedangkan Indonesia sangat kuat dalam sektor pertanian, kalau kedua negara ini melakukan kerjasama yang baik, tentunya akan menguntungkan kedua belah pihak” sambung Irman.

Saat menerima Wakil Presiden India, Ketua DPD RI didampingi Wakil Ketua DPD RI Farouk Muhammad, beberapa anggota DPD RI, dan Sekretaris Jendral DPD RI Prof. Sudarsono Hardjosoekarto. Sementara Wakil Presiden India, didampingi Duta Besar India untuk Indonesia, Gurjit Singh, dan beberapa anggota parlemen dari negara tersebut. (Adv)

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.