Jaga Stabilitas Ekonomi Nasional Melalui Koordinasi Pemerintah Daerah

Kompas.com - 13/11/2015, 15:22 WIB
- -


Konferensi pers yang dilakukan oleh Ketua DPD RI Irman Gusman dengan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Dermawan Wintarto Martowardojo dan Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara pada Kamis, (5/11/2015) ialah membahas mengenai peran dan fungsi BI sebagai otoritas moneter, isu kestabilan nilai rupiah, dan isu ekonomi lainnya. Wakil Ketua DPD RI Farouk Muhammad, Ketua Badan Kehormatan DPD RI AM Fatwa dan Ketua Komite II DPD RI Parlindungan Purba juga turut menghadiri acara ini.

Bertempat di lantai 8 Gedung Parlemen Senayan-Jakarta, Irman mengungkapkan bahwa DPD akan bekerja sama dengan BI untuk mendukung terciptanya stabilitas ekonomi nasional. Dalam konferensi pers tersebut, DPD dan BI membahas secara dalam mengenai inflasi. BI pun mendapatkan masukan positif dari DPD RI mengenai upaya pengendalian inflasi yang harus dikoordinasikan dengan seluruh pemerintah daerah di Indonesia.

“DPD  sebagai wakil daerah dan  rakyat mempunyai tugas dan kewajiban untuk melakukan hal tersebut.  Kami sepakat untuk menindaklanjuti kerja sama ini lebih dalam lagi, sehingga pengendalian inflasi dapat dilakukan dan nilai tukar rupiah dapat terjaga. Upaya BI dalam menjaga stabilitas ekonomi nasional akan kami dukung dengan mensosialisasikannya terutama ke pemerintah daerah dan masyarakat luas, sehingga kehadiran DPD RI akan turut menjaga stabiitas ekonomi makro nasional,” ujar Irman.

Senada dengan Irman, Agus menyambut baik inisiatif DPD. Selaku perwakilan daerah, DPD akan membantu mensosialisasikan kondisi ekonomi dunia maupun nasional. DPD juga melakukan sosialisasi berbagai upaya hasil koordinasi antara BI dengan Pemerintah Pusat untuk menjaga stabilitas ekonomi makro, stabilitas sistem keuangan dan nilai tukar rupiah.

“Kami harapkan semua posisi pemerintah daerah yang  relevan untuk menyiapkan kegiatan tim pengendali inflasi daerah yang baik, sehingga akan membuat sumber – sumber inflasi seperti  logistik, keterjaungkauan harga, ketersediaan barang dan jasa, juga komunikasi dapat dikendalikan. Selain itu adanya  dukungan inisiatif untuk menyediakan anggaran khusus di pemerintah daerah diharapkan dapat  menyiapkan stabilisasi operasi pasar, sehingga tidak  terjadi kondisi inflasi yang tidak diharapkan,” ungkap Agus.

Di akhir Konferensi Pers tersebut, Agus juga mengapresiasi dukungan DPD untuk mengkomunikasikan pentingnya koordinasi antar Pemerintah Daerah dalam pengendalian inflasi. DPD juga berjanji untuk menindaklanjuti hasil pertemuan tersebut dengan langkah yang lebih konkret. (adv)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.