Advertorial

Beragam Potensi Wisata Bahari Indonesia untuk Dunia

Kompas.com - 08/12/2015, 09:01 WIB
- -

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari banyak pulau. Selain lima pulau utama, yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua, Indonesia juga memiliki pulau-pulau kecil yang jumlahnya ribuan.

Sebagai negara kepulauan, tentu saja pantai yang terdapat di Indonesia ini berjumlah ribuan juga. Pantai dan laut tersebut menyimpan berbagai potensi yang jika diolah dengan baik akan memberikan berbagai keuntungan bagi penduduk sekitar.

Salah satu potensi dari laut Indonesia ialah hasil perikanan. Dengan panjang garis pantai mencapai 95.181 km, dalam satu tahun Indonesia mampu menghasilkan 5,4 juta ton ikan. Tentu masih ada peluang lebih untuk mendapatkan ikan lebih banyak lagi.

Potensi lain dari bahari adalah wisatanya. Hutan mangrove dapat menjadi potensi wisata bahari yang menjanjikan bagi para wisatawan. Sebagai habitat binatang laut, hutan mangrove, juga dapat menjadi manfaat bagi masyarakat sekitar. Tak hanya pemasukan karena wisatawan, masyarakat juga dapat mempergunakan kayu bakau untuk menjadi bahan pembuat kertas.

Keindahan bawah laut Indonesia juga menjadi destinasi wisata bahari berikutnya. Sebut saja Raja Ampat di Papua, Derawan di Kalimantan, dan Pulau Ora di Maluku, pemandangan bawah lautnya sudah terdengar hingga mancanegara.

Ketiga tempat tersebut merupakan sedikit dari bagian laut Indonesia dengan keindahan bawah laut yang mempesona. Pemandangan bawah laut yang dihasilkan dari terumbu karang dan biota laut Indonesia menarik para wisatawan. Indonesia memiliki luas terumbu karang terluas di dunia, yaitu 284.300 km2 yang akan memuaskan hati para penyelam.

Selain pemandangan bawah laut yang indah, hampir seluruh pantai di Indonesia juga memiliki pemandangan yang tak kalah mempesonanya. Para wisatawan dapat membuktikan dengan mengunjungi pantai-pantai yang terdapat di selatan pulau Jawa, pantai Parai Tenggiri di Bangka Belitung, dan lain-lainnya. Masih banyak laut dan pantai di Indonesia yang menyimpan potensi wisata sehingga dapat menambah jumlah destinasi liburan untuk para wisatawan.

Sebagai salah satu upaya mempromosikan wisata bahari tersebut, Asdep Pengembangan Segmen Pasar Personal, Deputi Bidang Pemngembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kementerian Pariwisata melaksanakan Kampanye Budaya Maritim Dukungan Hari Nusantara. Acara yang akan dilaksanakan pada tanggal (13/12/2015) ini bersamaan dengan kegiatan Hari Nusantara 2015.

Kegiatan yang diadakan di ­­Pelabuhan Perikanan Lampulo, Banda Aceh ini diharapkan dapat menggerakan minat wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara untuk melakukan perjalanan wisata ke seluruh wilayah di Indonesia terutama ke destinasi yang memiliki keunggulan dalam pariwisata bahari.

Jika memang Indonesia memiliki potensi wisata bahari yang begitu banyak dan indah, mengapa kita masih melirik negara lain untuk destinasi liburan? Berwisata di dalam negeri selain mendapatkan pemandangan yang sangat mempesona, tentu juga dapat membantu perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sekitarnya. (Adv)