5 Maskapai Tertua di Asia yang Mendunia

Kompas.com - 28/12/2015, 08:00 WIB
- -


Terdapat ribuan maskapai di seluruh dunia. Masing - masing maskapai memiliki keunggulannya masing - masing. Sebelum anda memesan tiket pesawat di aplikasi Traveloka, tahukah anda maskapai penerbangan apa saja yang tertua di Asia? Berikut ulasannya : 

1. All Nippon Airways (ANA)

maskapai ANA merupakan maskapai milik Jepang yang berdiri tahun 1952. Pusat penerbangannya berada di Bandara Haneda (Tokyo) dan Narita (Tokyo). Slogan yang diusung oleh ANA adalah ‘Inspiration of Japan’ yang berarti inspirasi dari Jepang. Hingga kini maskapai ini mengoperasikan lebih dari 200 pesawat yang terdiri dari pesawat berbadan sempit seperti Airbus A320 dan Boeing 737. Lalu pesawat berbadan lebar seperti Boeing 767/777/787. Destinasi yang dilayani mencakup domestik dan 17 negara dengan total sebanyak 73 destinasi. Untuk fasilitas di atas pesawat, maskapai ini menyediakan sistem entertainment di atas pesawat yang berisi berbagai film, musik dan video games yang ditampilkan di layar monitor yang terintegrasi dengan tempat duduk di hadapan kita. Selain itu juga terobosan seperti pemesanan makanan, belanja dan layanan langsung di tempat duduk melalui in-seat touch screen

2. Cathay Pacific Airways

maskapai Cathay Pacific merupakan maskapai milik Hong Kong yang berdiri tahun 1946. Pusat penerbangannya berada di Hong Kong International Airport. Slogan yang diusung oleh Cathay Pacific adalah ‘Life Well Travelled. Maskapai ini juga memiliki anak perusahaan penerbangan yang berbasis di Hong Kong yang bernama Dragonair. Hingga kini Cathay Pacific mengoperasikan sekitar 119 pesawat yang kesemuanya merupakan pesawat berbadan lebar yakni Airbus A330/340 dan Boeing 747/777. Destinasi yang dilayani mencakup domestik dan 42 negara dengan total sekitar 168 destinasi. Untuk kelas pesawat sendiri ada 4 yakni first class, business class, premium economy class, dan economy class. Untuk sistem entertainment di atas pesawat disediakan televisi pribadi yang dilengkapi dengan film barat terbaru, musik, video game dan program TV. Disediakan juga berbagai koran dan majalah dari berbagai negara. 

3. Garuda Indonesia

maskapai Garuda Indonesia merupakan maskapai nasional kita yang berdiri tahun 1947. Pusat penerbangannya berada di Bandara Soekarno-Hatta. Slogan yang diusung oleh Garuda Indonesia adalah ‘The Airline of Indonesia’ yang berarti maskapai milik Indonesia. Sebelumnya maskapai ini juga merupakan induk dari maskapai Citilink sebelum memisahkan diri tahun 2002. Hingga kini Garuda Indonesia mengoperasikan 128 pesawat yang terdiri dari pesawat regional ATR 72 dan Bombardier CRJ700, pesawat berbadan sempit Boeing 737 serta pesawat berbadan lebar Airbus A330 dan Boeing 777. Garuda Indonesia melayani hingga 59 tujuan domestik dan 66 tujuan Internasional. Untuk pesawat-pesawat terbaru Garuda Indonesia sudah terpasang dengan sistem AVOD (audio video on demand) yang memungkin sistem entertainment yang terintegrasi dengan layar monitor yang dipasang di belakang kursi penumpang. 

4. China Airlines

maskapai China Airlines merupakan maskapai milik Republik Tiongkok (Taiwan) yang berdiri tahun 1959. Pusat penerbangannya berada di Taoyuan International Airport (Taipei). Slogan yang diusung China Airlines adalah ‘Journey with a caring smile’ yang berarti perjalanan dengan senyuman peduli. China Airlines memiliki dua anak perusahaan yang berbasis di Taipei juga yakni Mandarin Airlines dan Tigerair Taiwan. Hingga kini China Airlines mengoperasikan 60 pesawat yang terdiri dari pesawat berbadan sempit Boeing 737 dan pesawat berbadan lebar Airbus A330/340 serta Boeing 747/777. Destinasi yang dilayani mencakup domestik dan 29 negara dengan total sebanyak 118 destinasi. Ada 4 tipe kelas yang ditawarkan oleh maskapai ini yakni first class, premium business class, premium economy class, dan economy class. Untuk fasilitas di atas pesawat sendiri ada flying oasis untuk premium business class  yang berupa lounge untuk makan dan minum serta bersosialisasi. Selain itu juga sudah ada sistem entertainment

5. Japan Airlines

Satu lagi maskapai milik Jepang masuk dalam daftar maskapai tertua di Asia yang mendunia. Japan Airlines (JAL) berdiri tahun 1951 dengan pusat penerbangan berada di Haneda Airport (Tokyo) dan Narita International Airport (Tokyo). Slogan yang diusung oleh Japan Airlines adalah ‘Dream Skyward’ yang berarti mimpilah ke langit. Hingga kini Japan Airlines mengoperasikan 163 pesawat yang terdiri dari pesawat berbadan sempit Boeing 737 dan pesawat berbadan lebar Boeing 767/777/787. Destinasi yang dilayani meliputi 113 rute domestik dan 51 rute Internasional dari 44 negara sehingga ada total 164 destinasi. Untuk fasilitas di atas pesawat meliputi sistem entertainment dan kamera eksternal yang dapat melihat proses pendaratan dan saat-saat mengudara. (Adv)