DU Group dan WWF Global Luncurkan CPLAN Untuk Kurangi Emisi Karbon Dunia

Kompas.com - 18/01/2016, 10:30 WIB


Emisi gas buang atau biasa disebut emisi karbon memang dapat menyebabkan banyak dampak negatif bagi kehidupan manusia. Selain menyebabkan pencemaran lingkungan, emisi gas karbon dapat memengaruhi kesehatan manusia.

Namun, bukannya semakin berkurang, emisi gas buang di dunia belakangan ini semakin bertambah. Hal tersebutlah yang melatarbelakangi DU Group (http://www.duapps.com) melalui DU Battery Saver bekerja sama dengan WWF Global mengadakan kampanye pengurangan emisi karbon. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 24 Desember 2015 – 10 Januari 2016.

Kampanye serupa juga dilakukan di beberapa negara lain, seperti Brazil dan Thailand. Kampanye bertajuk “CPLAN” ini melakukan serangkaian kegiatan menarik dengan menghadirkan sejumlah permainan di dalam aplikasi DU Battery Saver. Para pengguna DU Battery Saver dapat berpartisipasi dengan mudah dan ikut mendukung donasi yang akan diberikan oleh DU Group dari hasil akhir jarak lari di permainan tersebut.

Di Indonesia, kampanye “CPLAN” khusus dihadirkan oleh Baidu pada acara Car Free Day di hari Minggu, (10/01/2016). Dalam acara tersebut, DU Apps memberikan edukasi tentang bagaimana cara membantu mengurangi emisi karbon dunia. Salah satu contohnya adalah yang paling mudah, dengan menghemat baterai smartphone melalui aplikasi DU Battery Saver.

DU Battery Saver merupakan aplikasi penghemat daya baterai khusus perangkat berbasis Android. Aplikasi yang dilengkapi dengan berbagai opsi pengaturan daya ini dapat memperpanjang daya baterai hingga 50% lebih lama.

-

Para peserta yang mengunduh aplikasi DU Battery Saver ke smartphone Android mereka pada hari itu, dapat memberikan cap jari tangan untuk membentuk dan melengkapi gambar pohon yang disediakan di photo wall “CPLAN”. Pembubuhan 1 cap jari tangan adalah tanda bahwa peserta sudah berpartisipasi mengurangi emisi karbon dunia.

Selain memberikan cap jari, beragam kegiatan lain juga membuat para peserta antuasias, seperti teknologi Virtual Reality yang khusus dihadirkan untuk menggambarkan situasi dan suasana alam liar. Dengan begitu diharapkan para peserta mendapatkan pemahaman lebih banyak dan lebih baik lagi tentang lingkungan hidup dan habitatnya.

Dalam acara ini, DU Group juga menyediakan photobooth yang memfasilitasi para peserta melakukan swasfoto dan mengunggahnya ke Instagram dengan menyertakan tagar #DUGroupCPLAN. Para peserta juga dapat membawa pulang foto tersebut dengan mencetaknya secara langsung. 

Melalui kampanye “CPLAN”, DU Group berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon dunia dengan berdonasi sebesar Rp 340 juta atau USD 25,000 yang akan disalurkan melalui WWF Global.

"Kami sangat senang dapat mengajak para pengguna DU Battery Saver di Indonesia untuk menghemat energi pada ponselnya, sekaligus bersama-sama mengurangi emisi karbon di dunia. Kampanye ini merupakan salah satu bentuk komitmen kami untuk bersama-sama menjadikan dunia yang lebih baik di masa depan,” ungkap Lin Yi selaku Product General Manager Baidu Indonesia. (Adv)  

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com