Buffet Bahasa Inggris: Metode baru belajar secara online untuk orang Indonesia

Kompas.com - 10/03/2016, 18:53 WIB
- -


Seperti yang telah diketahui bersama, bahwa di era globalisasi saat ini, Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa dunia. Apalagi persaingan dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) menjadikan Bahasa Inggris menjadi bahasa penghubung antara dua pekerja asing.

Untuk memenuhi kebutuhan pasar, belajar Bahasa Inggris perlu diterapkan sejak dini. Lalu bagaimana dengan Anda yang sebenarnya bisa tetapi tidak percaya diri jika harus berbicara dalam Bahasa Inggris?

Kini ada metode baru dalam belajar Bahasa Inggris, yaitu Bahasa Inggris Buffet. Cukup sediakan laptop yang tersambung dengan internet, Anda dapat belajar bahasa Inggris secara online di mana dan kapan saja.

Penerapan e-learning seperti ini telah diterapkan oleh banyak universitas bergengsi di seluruh dunia, termasuk Harvard, Standford. Di Indonesia sendiri metode ini sudah berhasil diterapkan dalam program belajar Bahasa Inggris oleh Topica Native.

Topica Native adalah program pembelajaran Bahasa Inggris secara online yang menggunakan metode paling canggih yang sesuai dengan teori Adaptive Learning. E-learning berkonsentrasi dalam mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan menawarkan peserta didik untuk praktek berbicara setiap hari dengan topik yang sudah akrab dalam kehidupan sehari-hari atau dunia kerja.

-

Tersedia kelas-kelas online mulai dari pukul 08.00 hingga 24.00 setiap harinya yang akan membantu peserta didik memilih kelas yang sesuai dengan jadwal mereka. Dengan teknologi yang modern, kelas ini dirancang dengan jelas, sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih akrab dan efektif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, setiap peserta didik mempunyai rencana pembelajaran individu dan penasihat pribadi, itu alasan mengapa setiap peserta didik mempunyai kemajuan yang cepat.

Topica Native menerapkan metode pembelajaran modern P.I.E.L.E (Practice-Interaction-Evaluation-Lecture-Exam). Metode pembelajarannya adalah dengan peserta didik praktik dengan guru penutur asli, selanjutnya berdiskusi dengan peserta didik dan guru lainnya.

Setelah itu, peserta didik akan mendapatkan evaluasi untuk mengetahui kemampuan mereka, guru pun akan merangkumnya ke dalam sebuah teori. Dan tahap terakhir, peserta didik akan mengerjakan ujian untuk memastikan tingkatan mereka.

Egbert Veltman, salah satu Guru dari Topica Native mendapatkan penghargaan saat acara Penganugerahan Guru

Untuk memperlancar metode tersebut, 200 lebih tim guru merupakan penutur asli dari berbagai negara yang akan membantu peserta didik untuk mendapatkan aksen yang berbeda-beda. Metode ini sangat efektif karena peserta didik dapat memahami penggunaan Bahasa Inggris dalam praktiknya bukan hanya sekadar teori.

“Saat ini, saya bekerja sebagai marketing officer. Saya tidak mempunyai banyak waktu untuk pergi ketempat kursus Bahasa Inggris. Jadi saya memilih Topica Native yang menawarkan saya waktu kelas yang fleksibel. Alasan yang lainnya mengapa saya menyukai belajar Bahasa Inggris dengan Topica Native adalah Guru-gurunya berasal dari negara yang berbeda-beda dengan berbagai macam logat bicara. Program di Topica Native juga memberikan saya pengalaman belajar yang lebih menarik. Sekarang saya merasa lebih percaya diri ketika berdiskusi dengan rekan kerja yang internasional.” Bapak Aris Setiawan, salah satu Peserta didik dari Indonesia di Topica Native.

Aris Setiawan, salah satu peserta didik Topica Native dari Indonesia

Saat ini, ada lebih dari 10.000 peserta didik yang belajar dengan Topica Native. Banyak dari peserta didik dari program ini telah meningkatkan 300/1000 poin berbicara setelah satu pelajaran saja. Bahkan 77 persen dari mereka menjadi percaya diri untuk berbicara dengan orang-orang asing.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai metode belajar ini silahkan klik di sini. (Adv)

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.