Advertorial

Cara Mendapatkan Token Listrik di Indihome Store

Kompas.com - 19/04/2016, 08:00 WIB
-

Listrik saat ini sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa kita lepaskan dalam kehidupan sehari-hari. Secara bertahap, saat ini pelanggan listrik PLN mulai menggunakan sistem listrik pra-bayar, yang mengharuskan pelanggan untuk mengisikan token PLN sebelum menggunakannya.

Berikut penjelasan token PLN yang Anda harus tahu ada dalam artikel ini. Karena artikel ini akan menjelaskan banyak hal seputar token PLN. Penjelasan token PLN yang dimaksud adalah mulai dari sejarah token PLN, cara membeli token PLN, harga token PLN, cara mengisi token PLN, dan lain-lain.

Token PLN itu apa sih?

Listrik Pintar mulai diperkenalkan kepada masyarakat pada tahun 2012 di Nusa Tenggara Barat. Perusahaan Listrik Negara (PLN) melakukan inovasi baru dengan nama Listrik Pra Bayar (LPB).

Agaknya PLN terinspirasi dengan Kartu Pra Bayar dari perusahaan-perusahaan telekomunikasi. Sehingga menamakan produk unggulannya sebagai Listrik Pra Bayar.

Sebab Listrik Pra Bayar juga dapat diisi ulang sama seperti Kartu Pra Bayar dari perusahaan-perusahaan telekomunikasi. Selain itu dengan Listrik Pra Bayar maka kita akan cenderung lebih hemat dalam pemakaian listrik sehari-hari.

Listrik Pra Bayar

Dikatakan sebagai Listrik Pra Bayar karena kita harus membayar terlebih dahulu alias membeli token PLN sebelum kita menikmati fasilitas listrik yang diberikan oleh PLN. Jadi bayar/beli token PLN dulu baru baru bisa menikmari fasilitas listrik. Sekarang ini Listrik Pra Bayar lebih dikenal dengan nama listrik pintar.

Cara membeli token PLN

Khusus pelanggan IndiHome saat ini dapat membeli token PLN di store.indihome.co.id dengan beragam nominal yang ditawarkan, mulai dari nominal Rp 20.000, Rp 50.000, Rp 100.000.

Dalam setiap nominal token PLN sudah termasuk:

a. Kwh.

b. PPJ atau Pajak Penerangan Jalan, perhitungannya tergantung daerah masing-masing.

c. Meterai. Biaya meterai terbagi atas dua, yaitu pertama, pembelian token PLN senilai Rp. 250 ribu sampai 1 juta maka biaya meterai sebesar 3 ribu rupiah. Kedua, pembelian token PLN senilai 1 juta ke atas maka biaya meterainya 6 ribu rupiah.

d. Biaya administrasi


Kesimpulan

Dari berbagai macam analisa di atas, maka inilah kesimpulan yang kita dapat:

1. Bagi kita, memakai Listrik Pra Bayar atau listrik pintar lebih baik dari pada memakai Listrik Paska Bayar.

2. Saran dari PLN, kita sebaiknya membeli token PLN dan mengisinya ke Meter Prabayar, saat sisa stroom di bawah 25 kWh.

3. Kita dapat membeli token PLN di banyak tempat, tetapi tempat yang paling menguntungkan hanya di store.indihome.co.id.

4. Kemudahan beli token listrik dari rumah saja, ga perlu keluar rumah.

5. Beli sekarang bayar belakangan karena menggunakan one bill IndiHome.

Pertanyaannya sekarang adalah kenapa kita harus membeli token PLN di store.indihome.co.id? Karena setiap kali anda membeli token PLN maka anda akan mendapatkan kemudahan pembayaran yang akan ditagihkan menjadi satu dengan billing IndiHome. Anda juga dapat menukarkan IndiHome Point Reward sebagai alat bayar pembelian Token PLN di IndiHome Store. (Adv)