Menuju Swasembada

Pangan 2017

Kementerian Pertanian Republik Indonesia bertekad untuk mewujudkan pertanian industrial unggul berkelanjutan berbasis sumber daya lokal demi meningkatkan kemandirian pangan, ekspor dan kesejahteraan petani.

-
Kamis, 5 Mei 2016

Siap-siap, Beras Premium akan Dijual Murah di Jakarta

PALOPO, KOMPAS.com – Jakarta terpilih sebagai kota pertama penjualan komoditas pangan murah berkualitas. Hal ini diumumkan oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

“Siap-siap, beras premium akan dijual dengan harga Rp7.500 per kilogram di Jakarta hari Minggu (8/5/2016),” tutur Amran saat jumpa pers di Palopo, Sulawesi Selatan.

Selain beras, bawang pun akan dijual dengan harga di bawah Rp 25.000 per kilogram. “Harga ini akan diikuti komoditas lainnya, seperti cabai dan daging sapi,” katanya lagi.

Harga daging sapi, menurut Amran akan dijual tidak sampai Rp 80.000 per kilogram. “Ada 16.000 ton daging sapi yang disiapkan,” ujarnya.

Kegiatan ini dilakukan atas dasar pertimbangan bahwa Jakarta merupakan barometer kota-kota lainnya di Indonesia. Harapannya, penjualan komoditas pangan murah berkualitas ini bisa diikuti oleh daerah lainnya.

“Adapun lokasi penjualan tersebut ada di toko tani Indonesia (tti) dan toko lain yang ditunjuk pemerintah. Kami akan mengumumkannya hari Minggu,” imbuhnya.

Selain Jakarta, kota lain yang disebut-sebut akan menyelenggarakan kegitaan itu adalah Medan, Bandung, Lmapung, dan Sumatera Selatan.

“Totalnya ada 1.000 titik lokasi penjualan. Titik terbanyak ada di wilayah Jabodetabek, yaitu 200 sampai 300 titik penjualan setiap harinya,” tambah Amran.