Advertorial

Cara Terbaik untuk Mempersiapkan Biaya Pernikahan

Kompas.com - 12/05/2016, 11:28 WIB
-

Buat apa berlama-lama pacaran jika tidak ada akhir yang pasti, yaitu beranjak ke jenjang pernikahan? Tapi masalahnya menikah tidaklah semudah yang dibayangkan. Butuh perencanaan dan persiapan yang matang. Terutama soal biaya untuk kelangsungan seremoni dan pesta pernikahan.

Ada beberapa anjuran yang sangat layak dipertimbangkan agar persiapan biaya pernikahan tidak membuat stres. Tahap pertama, lakukan perencanaan anggaran. Anda akan butuh survey ke beberapa tempat atau banyak bertanya pada teman-teman yang sudah menikah. Tapi tahap ini penting supaya Anda punya gambaran mengenai berapa biaya total yang diperlukan untuk melangsungkan pernikahan dan menentukan budget.

Kemudian buatlah tabungan pernikahan. Bagian ini tidak juga mudah karena butuh niat dan konsistensi. Sebagai saran agar proses menabung untuk pernikahan lancar, Anda dapat memilih tabungan rencana. Anda tentu cukup familiar dengan jenis tabungan ini karena ada beberapa bank yang menawarkannya. Sebagai pilihan terbaik Anda dapat memanfaatkan produk tabungan BritAma Rencana.

BritAma Rencana adalah tabungan sekaligus investasi dengan setoran tetap setiap bulan. Bunganya lebih tinggi daripada tabungan biasa dan karena dana tabungan ditahan dalam jangka waktu tertentu, kemungkinan tabungan habis untuk memenuhi kebutuhan konsumtif dapat diminimalisir. Sumber dananya adalah tabungan BRI  BritAma, kecuali BritAma Valas.

Ada beberapa kelebihan yang dapat dirasakan jika memilih  Tabungan BritAma Rencana. Pertama, jangka waktu menabung fleksibel hingga 20 tahun. Nominal setoran per bulan dapat ditentukan sesuai keinginan. Jumlah setoran juga boleh ditambahkan sesuai keinginan dan tabungan ini dapat dicairkan sewaktu-waktu jika ada kebutuhan mendadak.

Memanfaatkan Tabungan BritAma Rencana, Anda juga dapat sekaligus memperoleh fasilitas perlindungan asuransi jiwa yang nilainya bisa mencapai Rp 1 miliar. Jika mengalami resiko meninggal dunia akibat sakit nasabah akan memperoleh tanggungan 100 kali setoran per bulan. Sementara jika mengalami resiko meninggal dunia akibat kecelakaan nasabah akan memperoleh tanggungan 200 kali setoran per bulan.

Syarat dan aplikasinya sangat mudah. Nasabah yang berusia 17 – 64 tahun dapat memanfaatkan Tabungan BritAma Rencana. Tidak perlu melakukan medical check-up atau membayar biaya administrasi. Untuk mengetahui jumlah dana yang sudah tersimpan, setiap tiga bulan sekali nasabah akan mendapat laporan mutasi yang cukup rinci.

Jika membuka Tabungan BritAma Rencana pada periode 15 Maret – 30 Juni 2016 akan ada tambahan benefit lain berupa hadiah langsung. Hadiah yang diberikan bernilai 70 persen dari setoran awal. Misalnya, Anda merencanakan 3 tahun mendatang memiliki dana sekitar Rp 113 jutaan untuk modal biaya pernikahan. Anda cukup membuka Tabungan BritAma Rencana dengen setoran awal Rp 3,2 juta per bulan. Untuk setoran pertama sebesar Rp 5 juta ditahan selama 3 bulan dan akan langsung mendapatkan hadiah barang senilai Rp 4,3 jutaan. Barang tersebut bisa berupa voucher belanja atau pilihan menarik lainnya. Sebagai catatan, hadiah tersebut tidak diberikan dalam bentuk uang tunai melainkan barang yang jenisnya dapat Anda pilih sendiri.

Mengenai perencanaan biaya pernikahan, satu hal yang perlu diingat jangan adakan pernikahan yang meskipun sangat indah, melebihi kemampuan finansial atau lewat dari budget yang sudah ditetapkan di awal. Ingat bahwa kehidupan pernikahan yang sesungguhnya dimulai sesudah semua kemeriahan pesta dan acara seremonial yang Anda adakan. Masih ada kebutuhan rumah tangga dan tentunya biaya untuk pendidikan anak.

Meski belum berencana punya momongan, ada baiknya Anda mulai merencanakan biaya pendidikan anak karena biaya pendidikan terus meningkat setiap tahun. Tabungan BritAma Rencana dapat kembali menjadi pilihan untuk mempersiapkan kebutuhan biaya tersebut. (Adv)