Advertorial

Dorong Transaksi BRILink, BRI Bagi-Bagi Hadiah Kepada Agen BRILink dan Melakukan Peluncuran Asuransi Mikro KKM melalui Agen BRILink

Kompas.com - 07/06/2016, 09:51 WIB
- -

Untuk mendorong pertumbuhan transaksi dari BRILink, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. membagikan berbagai hadiah kepada para agen melalui Program Juara Agen BRILink secara resmi Jumat (3/6/2016) lalu di Alun-Alun Bung Karno, Lapangan Kalirejo, Ungaran, Jawa Tengah.

“BRI memberikan hadiah kepada total 59 pemenang sebagai agen BRILink yang berhasil mencatatkan pertumbuhan transaksi tertinggi periode Desember-Februari”, terang Sis Apik Wijayanto, Direktur Konsumer BRI.

BANK BRI sebelumnya menggelar program “Juara Transaksi Tertinggi dan Pertumbuhan Transaksi Tertinggi Agen BRILink” pada periode periode 1 Desember 2015-29 Februari 2016. dan kompetisi “Program Transaksi PLN di Agen BRILink” pada periode 16 November 2015-16 Februari 2016. Dua program tersebut diselenggarakan untuk agen BRILink dengan harapan mereka semakin bersemangat meningkatkan keuangan inklusif di daerahnya beroperasi.

Khusus untuk program “Juara Transaksi Tertinggi dan Pertumbuhan Transaksi Tertinggi Agen BRILink”, agen BRILink harus berkompetisi di tingkat regional dan nasional. Hadiah juara regional adalah 19 unit motor untuk dan 19 unit TV LED.

Sejumlah hadiah menarik juga diserahkan oleh BRI kepada agen BRILink berprestasi di tingkat nasional. Mulai dari 20 smartphone Samsung GALAXY A3, 25 unit TV LED 32 inchi, 10 motor Honda Scoopy, hingga 3 paket umrah dan 1 unit mobil pick-up Suzuki.

Sementara untuk program “Program Transaksi PLN di Agen BRILink” , BRI menyiapkan hadiah 380 voucher belanja masing-masing bernilai Rp500.000,-, 190 TV LED Samsung 32 inchi, dan 57 smartphone Samsung GALAXY A5.

“Agen BRILink adalah pihak ketiga yang membantu perluasan channel BRI untuk menjangkau masyarakat, baik nasabah atau non-nasabah yang belum terlayani bank secara administratif. Harapan kami ke depannya setiap desa atau kelurahan memiliki minimal satu agen BRILink,” pungkas Sis Apik Wijayanto.

Saat ini BRI telah memiliki 62.036 agen BRILink yang tersebar di seluruh pelosok negeri. Mulai dari Aceh hingga Jayapura, atau bertumbuh 207 persen YoY. Hingga periode yang sama agen BRILink sudah melayani 48,7 juta transaksi dengan volume transaksi Rp30,19 triliun.

Launching Fitur Baru Asuransi Mikro KKM melalui Agen BRILink

Bersamaan dengan Penyerahan Juara Pertumbuhan Agen BRILink se-Nasional, BRI juga melakukan peluncuran Asuransi Mikro KKM di acara tersebut.

Selain dapat melakukan transaksi perbankan, masyarakat mikro kini dapat memperoleh lindungan Asuransi Mikro KKM,yang merupakan hasil sinergi BRI dengan Bringin Life.

Hingga saat ini masyarakat Indonesia belum sepenuhnya dapat dikatakan ‘melek keuangan’. Masih banyak anggota masyarakat, terutama mereka dengan penghasilan mikro, belum dapat memperoleh akses untuk memanfaatkan layanan perbankan. Apalagi layanan keuangan seperti asuransi.

Pandangan bahwa layanan perbankan dan asuransi hanya dapat dimanfaatkan oleh kaum menengah ke atas menjadi salah satu alasannya. Selain itu hal ini juga disebabkan oleh lokasi tempat tinggal yang jauh dari kantor-kantor cabang bank.

Melihat fenomena tersebut, BANK BRI melakukan suatu terobosan untuk mengedukasi masyarakat Indonesia dalam mengenal pengetahuan dasar tentang pengelolaan keuangan melalui pemanfaatan produk dan layanan perbankan dengan menghadirkan Agen BRILink. 

Ada beberapa manfaat lebih yang ditawarkan oleh Asuransi Mikro KKM. Jika kebanyakan asuransi mikro lainnya hanya memberi perlindungan atas resiko meninggal dunia, Asuransi Mikro KKM dapat memberikan perlindungan lengkap terhadap jiwa dan kesehatan.

Manfaat ini jauh lebih besar dibandingkan dengan premi yang dibayarkan. Asuransi Mikro KKM hanya mematok premi Rp50.000,- per tahun untuk pemegang polis. Manfaat seperti santunan rawat inap Rp100.000,- per hari, santunan meninggal dunia akibat kecelakaan Rp19.500.000,-,  santunan meninggal dunia karena sakit sebesar Rp2.500.000,-, santunan bedah sebesar Rp2.500.000,- dan santunan cacat tetap hingga Rp5.000.000,- sudah dapat diperoleh pemegang polis.

Hingga Desember 2015, Asuransi Mikro KKM telah dimanfaatkan oleh 3,8 juta nasabah mikro. Premi yang dibayarkan mencapai Rp 43,4 miliar. Menggandeng agen BRILink, BRI berharap lebih banyak masyarakat mikro yang terlindungi asuransi ini. Selain itu menjadikan BRILink sebagai one-stop financial service bagi masyarakat mikro.

Saat ini BRI secara khusus telah menyiapkan proses pembelian polis Asuransi Mikro KKM melalui mesin EDC yang dapat dioperasikan secara mudah oleh agen-agen BRILink di seluruh Indonesia. Proses closing dapat dilakukan lebih cepat dan ringkas, hanya perlu waktu kurang dari 5 menit. (Adv)