Garuda Indonesia Kini Mendarat di Bandara London Heathrow

Kompas.com - 10/06/2016, 08:09 WIB

Sejak September 2014 lalu, maskapai nasional Garuda Indonesia membuka layanan penerbangan dengan rute Jakarta – London, tepatnya ke Bandara Internasional London Gatwick. Meskipun Bandara Gatwick ini tidak berlokasi di pusat kota London, namun rute Jakarta – London hingga saat ini telah berhasil membantu banyak penumpang setia Garuda Indonesia yang sering bepergian ke London dengan berbagai alasan, baik bisnis maupun wisata.

Tahun ini Garuda Indonesia meningkatkan layanan penerbangan ke London dengan memindahkan destinasi pendaratan dari London Gatwick ke London Heathrow Terminal 3, yang letaknya lebih strategis dan dekat ke pusat kota.

Pemindahan destinasi pendaratan ke London Heathrow ini dilakukan untuk memberikan berbagai kemudahan bagi para pelanggan setia Garuda Indonesia. Seperti kita ketahui London Heathrow merupakan bandara tersibuk di benua Eropa dan di dunia. Bandara ini menjadi gerbang utama menuju Inggris dan menghubungkan Inggris dengan negara-negara dan kota-kota di benua Eropa lainnya. London Heathrow terkoneksi dengan 1.052 destinasi lain di benua Eropa. Posisi strategis Bandara London Heathrow ini tentunya akan turut memperkuat branding Garuda Indonesia di benua Eropa.

“Kami berharap dengan layanan Garuda Indonesia ke bandara tersebut konektivitas penumpang di benua Eropa khususnya Inggris, lebih luas. Garuda Indonesia sudah termasuk ke dalam jaringan Skyteam yang dapat melayani penumpang ke berbagai destinasi di dunia,” ujar M. Arif Wibowo, Direktur Utama Garuda Indonesia.

Garuda Indonesia tujuan London Heathrow berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta Jakarta, transit di – Singapura dan mendarat di Terminal 3 London Heathrow. Sementara untuk kembali ke Jakarta, Garuda Indonesia menyediakan rute direct flight ke Jakarta. Total waktu tempuh antara London – Jakarta adalah 17 jam 10 menit.

Terminal 3 London Heathrow yang jadi lokasi pendaratan Garuda Indonesia pertama kali dioperasikan pada tahun 1961 dengan sebutan The Oceanic Terminal. Terminal ini memang khusus dibangun untuk melayani penerbangan jarak jauh. Terminal 3 juga memiliki berbagai fasilitas yang menjamin kenyamanan penumpang. Akses ke pusat kota London dari terminal ini pun sangat mudah, dengan tersedianya banyak pilihan transportasi.

Salah satu fasilitas yang dapat meningkatkan efisiensi waktu perjalanan penumpang Garuda Indonesia setibanya di London adalah kereta cepat. Hanya perlu 15 menit untuk mencapai pusat kota London menggunakan kereta ini dari Terminal 3. Jika punya budget lebih, Anda dapat menyewa helikopter yang dapat langsung mengantar Anda ke Central London. Helikopter ini terbang dari kebun di atap Terminal 3.

“Sebagai maskapai penerbangan yang menyandang predikat Bintang Lima dan membawa bendera bangsa, kehadiran Garuda Indonesia di London Heathrow juga membawa nama Indonesia. Layanan penerbangan ini akan memperkuat jaringan penerbangan Garuda Indonesia yang tentu ke depannya juga akan turut mendorong pertumbuhan ekonomi, bisnis dan pariwisata Indonesia,” ujar Gatot Trihargo, DeputiBidang Usaha JasaKeuangan, SurveidanKonsultasiKementerian BUMN RI.

Penerbangan Garuda Indonesia dari Jakarta menuju London Heathrow dilayani 5 kali seminggu dengan jadwal keberangkatan pukul 07:45 WIB, transit di Singapura 1 jam 45 menit dan tiba di London Heathrow Terminal 3 pukul 18:55 waktu setempat. Sementara dari London Heathrow menuju Jakarta akan dilayani secara non-stop dengan durasi penerbangan frekuensi sebanyak lima kali per minggu (setiap Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, dan Minggu)

Rute penerbangan ini menggunakan pesawat Boeing 777-300ER. Pesawat ini dapat menampung 314 penumpang, dengan konfigurasi 8 kursi first class, 38 kursi business class dan 268 kursi economy class. Selama penerbangan penumpang dapat menikmati in-flight connectivity, yang memungkinkan Anda terkoneksi dengan internet sepanjang perjalanan. Fasilitas Wi-Fi onboard ini dapat dinikmati di seluruh kelas penerbangan, gratis khusus untuk penumpang First Class.

Untuk menambah kenyamanan bagi penumpang yang transit di Singapura, Garuda Indonesia juga memberikan Changi Transit Reward Voucher senilai SGD 30 yang berlaku sejak 1 April – 31 Oktober 2016.Tujuannya untuk mempermudah penumpang selama menunggu di Changi.

Terbang ke London menjadi lebih nyaman dan mudah. Untuk reservasi kunjungi garuda-indonesia.com dan manfaatkan program Cicilan 0% dari kartu kredit Anda.(Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com