Bayar Tol dengan Uang Elektronik Lebih Hemat Saat Mudik

Kompas.com - 02/07/2016, 20:03 WIB
- -

Pasca integrasi beberapa ruas jalan tol, pembayaran tarif tol menjadi lebih cepat dan praktis. Sebelum adanya integrasi jalan tol ruas Jakarta – Cikampek, Cikampek – Palimanan, Palimanan – Kanci, Kanci – Pejagan, dan Pejagan – Brebes, pengguna jalan harus membayar di Gerbang Tol Cikopo, Plumbon, Ciperna, dan Mertapada.

Sekarang, pengguna tol tersebut cukup berhenti di 3 gerbang tol saja, yaitu Cikarang Utama, Palimanan, dan Brebes Timur sehingga pembayaran akan lebih praktis dan mudah.

Untuk mempercepat pembayaran di gerbang tol, sangat dianjurkan penggunaan uang elektronik karena dapat menghemat waktu sekitar 50% dibandingkan dengan menggunakan uang tunai. Bahkan, tidak hanya lebih cepat tetapi juga lebih hemat karena Badan Usaha Jalan Tol memberikan potongan harga sebesar 20%, untuk transaksi menggunakan uang elektronik. Potongan harga ini berlaku pada tanggal 3-10 Juli 2016.

Sementara itu, Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN turut menyediakan kartu gratis dan kartu dengan harga diskon pada periode tersebut yang dapat dibeli di gerbang tol pada jalur mudik. Uang elektronik gratis akan diberikan kepada 500 pembeli pertama setiap harinya selama arus mudik (H-7 sampai dengan H+1). Titik-titik penjualan kartu diantaranya adalah di Gardu Tol Cikarang Utama, Gardu Tol Padaleunyi Bandung, Gardu Tol Brebes Timur, Gardu Tol Cileunyi, dan Gardu Tol Tertentu.

Untuk itu bagi Anda yang sudah memiliki uang elektronik dan akan melakukan mudik, persiapkan uang elektronik anda dan pastikan saldonya mencukupi untuk perjalanan selama mudik. Bagi yang belum memiliki dapat membeli di lokasi penjualan yang sudah ditentukan agar Anda dapat menikmati tidak hanya kecepatan dan kepraktisan transaksi, namun juga potongan harga pembayaran transaksi tol. (adv)

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email