Advertorial

Jangan Rendah Diri, Punya Rumah Tipe Kecil Ternyata Banyak Untungnya

Kompas.com - 20/07/2016, 09:11 WIB

Selain lokasi ada satu lagi pertimbangan yang selalu muncul di kepala pemburu rumah idaman yaitu tipe dan luas bangunan. Memang dua hal tersebut penting. Selain akan menentukan harga juga berpengaruh terhadap kenyamanan tinggal.

Tapi jangan lantas rendah diri jika saat ini Anda hanya dapat menjangkau rumah dengan tipe sederhana. Saat ini rumah dengan ukuran kecil dan sederhana semakin digandrungi, terbukti dengan perkembangan jumlahnya yang cukup pesat.

Kebanyakan pemburu properti, terutama keluarga baru, menaruh minat pada rumah dengan tipe 36. Selain ukurannya pas untuk keluarga masa kini, lebih banyak rumah dengan tipe ini ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu masih banyak sejumlah keuntungan lainnya. Apa saja?

Menurut survey yang dilakukan situs jual beli properti Lifull.ID terhadap keluarga yang menghuni rumah bertipe kecil, ditemukan tujuh keuntungan mendasar sebagai berikut:

1. Mudah dibersihkan

Karena tidak memiliki banyak ruang dan luasnya tidak besar rumah bertipe kecil lebih mudah dibersihkan. Apalagi jika jumlah perabotnya juga tidak banyak. Tidak usah sewa asisten rumah tangga atau jasa pembersih rumah, lakukan saja sendiri. Waktu bersih-bersih lebih singkat sehingga penghuninya lebih banyak punya waktu berkualitas untuk santai di rumah.

2. Hemat budget perabot

Lagi-lagi karena luas rumah yang tidak besar penghuni pun tidak akan mungkin memilih perabot dengan ukuran besar. Interior rumah bertipe kecil, agar tidak terkesan sumpek juga sebaiknya didesain dengan minimalis, tidak banyak perabot. Manis, sederhana, dan paling penting lagi hemat biaya untuk beli perabot.

3. Mencegah penghuni beli barang berlebih

Melihat luas ruang dalam rumah yang terbatas penghuni pasti akan menahan diri untuk membeli barang atau perabot. Selain itu penghuninya juga pasti akan lebih mempertimbangkan kualitas perabot atau barang-barang rumah tangga yang dibeli dibanding kuantitasnya.

4. Tidak akan kehilangan benda-benda kecil

Sering kehilangan benda-benda kecil seperti kunci, remote televisi atau AC? Tinggal di rumah bertipe kecil, masalah seperti ini tidak akan dialami. Alasannya luas ruang yang lebih kecil dan lebih sedikitnya jumlah ruangan akan memudahkan penghuni rumah bertipe kecil mudah mengingat letak dan penempatan benda-benda seperti itu. Tapi kalau memang cepat lupa karena faktor umur, tentu lain urusan.

5. Lebih mudah untuk memilah dan membuang perabot tak terpakai

Pemilik rumah bertipe lebih luas akan cenderung memiliki kebiasaan menimbun barang. Tetapi pemilik rumah bertipe kecil tidak, mengingat luas ruang yang dimiliki sangat minim. Hal ini menguntungkan. Ketika ingin membeli perabot atau barang-barang kebutuhan rumah tangga yang baru, pemilik rumah bertipe kecil akan lebih mudah menyortir perabo lama untuk dibuang atau dijual kembali.

6. Perawatan taman lebih sederhana

Tidak memiliki tanah luas untuk dibuat taman yang  megah? Tidak masalah, penghuni rumah bertipe kecil tetap dapat memiliki taman yang sederhana. Malahan lebih mudah dirawat.

7. Hemat biaya renovasi interior

Renovasi atau merancang desain interior akan dipastikan lebih murah karena ukuran rumah yang lebih kecil. Biasanya renovasi atau desain interior perhitungan biayanya dilakukan per meter persegi.

Ternyata rumah kecil tidak selalu menyulitkan kehidupan penghuninya, malah memberi banyak keuntungan dari segi efisiensi biaya, perawatan dan waktu untuk membersihkannya. Malah lebih sesuai dengan gaya hidup kaum urban yang kesibukannya cukup padat.

Mempertimbangkan untuk membeli rumah bertipe kecil dengan lokasi strategis dan terbaik? Akses saja portal properti Lifull.ID. Portal ini dilengkapi dengan fitur filter pencarian canggih. Anda dapat memperoleh info rumah dijual di seluruh kota di Indonesia dengan lokasi, tipe dan harga sesuai keinginan.

Tidak hanya memuat informasi  jual beli rumah tapak (landed house) di pasar sekunder, Anda juga dapat mencari rumah baru, apartemen, ruang usaha untuk kantor, hingga tempat kost sesuai kebutuhan. Segera kunjungi Lifull.ID(Adv)

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.