Advertorial

Binus Online Learning Siap Memimpin Revolusi Pendidikan Online di Indonesia

Kompas.com - 22/07/2016, 10:15 WIB

Online, kata ini dapat dikatakan sudah menjadi gaya hidup masyarakat sekarang ini. Semuanya serba online, serba digital. Berbagai kegiatan fisik dan kebiasaan dalam keseharian lainnya mulai beralih ke dunia digital. Berbelanja misalnya, kegiatan ini yang sebelumnya mengharuskan manusia pergi ke luar rumah terlebih dahulu, kini dapat dilakukan hanya dalam sekali sentuh pada layar gawai pintar, dan barang belanjaan sudah langsung dapat diantar ke rumah. Online shop dan e-commerce tidak perlu ditanyakan lagi, jumlahnya kian banyak saja. Praktis, mudah, cepat, dan efisien adalah beberapa alasan yang ditawarkan dunia digital untuk kita sebagai penggunanya. Bukankah zaman sekarang kita menuntut (atau juga dituntut) kemudahan dan kecepatan dalam melakukan berbagai hal?

-

Berbelanja digital hanya satu contohnya, pendidikan adalah soal cerita lain. Kegiatan belajar mengajar tidak lagi berarti datang ke sekolah/kampus, duduk di kelas, dan bertemu dengan guru. Era digital mentransformasi kegiatan belajar mengajar ke dalam bentuk virtual, atau yang kini lebih sering disebut dengan e-learning atau online learning. Mengandalkan kecanggihan perangkat teknologi (komputer, laptop, tablet, smartphone, dan sistem jaringan intranet atau internet), kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, tanpa terbatas ruang dan waktu. Era digital membuat pelajar dan pengajar yang berjauhan tempatnya tetap dapat saling berkomunikasi dan berinteraksi selayaknya sekolah/kuliah pada umumnya. Materi pembelajarannya pun tentu saja dikemas dalam bentuk digital.

Dengan pengalaman selama 35 tahun dalam dunia pendidikan berbasis teknologi informasi dan komunikasi, pada tahun 2009 lalu Binus University melebarkan metode pembelajarannya dengan menyelenggarakan Binus Online Learning, sebuah media belajar online bagi individu yang ingin belajar dan mengembangkan diri tanpa harus terikat dengan jadwal dan tempat tertentu.

Binus Online Learning siap mendampingi mahasiswanya dalam meraih pendidikan yang baik dan juga pencapaian karier yang gemilang. Kehadiran Binus Online Learning pun seakan menjawab kekhawatiran khalayak mengenai anggapan online learning akan lebih sulit diikuti dibandingkan dengan kuliah reguler. Dalam kegiatan belajar Binus Online Learning, mahasiswa dapat melakukan interaksi dengan dosen tanpa ada batasan waktu dan tempat. Interaksi dengan dosen dan praktisi sangat diutamakan untuk mendapatkan dan meningkatkan kemampuan dan wawasan mahasiswa dalam kegiatan praktis dan pengambilan keputusan yang nyata. Aktivitas belajar dirancang untuk fokus pada karakteristik mahasiswa dan untuk mendapatkan hasil yang berkualitas dengan bimbingan dosen akademisi maupun praktisi yang berpengalaman, menjadikan Binus Online Learning dapat mempercepat karier mahasiswa.

-

Binus Online Learning menggunakan LMS (Learning Management System) yang terintegrasi untuk membangun jaringan interaksi antara mahasiswa dengan mahasiswa, mahasiswa dengan dosen, dan mahasiswa dengan pembimbing akademis. Dengan demikian mahasiswa online learning dipastikan mempunyai kualitas yang sama dengan mahasiswa yang melakukan sistem perkuliahan pada umumnya. Dengan fleksibilitas dan kredibilitas yang dimiliki Binus Online Learning, membuktikan Binus Online Learning dapat menjadi pilihan perkuliahan bermutu tinggi jika dibandingkan dengan perkuliahan akhir pekan atau perkuliahan malam.

Selain di Jakarta, yang menjadi pusatnya, Binus Online Learning juga hadir di Palembang, Semarang, dan Malang. Di kota-kota tersebut disediakan BULC (Binus University Learning Community) yang difungsikan sebagai unit/tempat kegiatan Binus Online Learning berlangsung, seperti untuk kelas tatap muka antara mahasiswa dengan tutor serta ujian, sehingga mahasiswa tidak perlu pergi ke Binus Online Learning pusat di Jakarta untuk melakukannya. Diharapkan, dengan pembukaan jaringan Binus University Learning Community di Kota Palembang, Semarang, dan Malang ini, dapat menjawab kebutuhan dan semakin memperlengkapi masyarakat dalam mengembangkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi.

Sudah siap merasakan kuliah kapan aja, dan dimana aja? Segera daftarkan dirimu ke http://onlinelearning.binus.ac.id/!  Hubungi Call Center Binus Online Learning di 0804 1 696969

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com