LIPSUS

BERITA

Dok humas.jabarprov.go.id -
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menyerahkan penghargaan kepada 5 orang pemenang anugerah kategori inovasi, 4 orang kategori prakarsa, serta 5 orang dari kategori pelopor pemberdayaan masyarakat.
Kamis, 18 Agustus 2016
Inovator, Prakarsa, dan Pelopor Jawa Barat Raih Penghargaan

BANDUNG, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menyerahkan penghargaan kepada 5 orang pemenang anugerah kategori inovasi, 4 orang kategori prakarsa, serta 5 orang dari kategori pelopor pemberdayaan masyarakat.

"Ternyata, ketika kita gali banyak sekali dari masyarakat kita yang membuat inovasi, prakarsa dan kepeloporan dalam berbagai hal. Saya ucapkan selamat dan apresiasi tinggi apa yang sudah dihadirkan masyarakat Jawa Barat ini," kata Aher pada Malam Anugerah Inovasi, Prakarsa dan Pelopor Pemberdayaan Masyarakat Jawa Barat tahun 2016 di Aula Barat Gedung Sate, Bandung, Senin (15/8/2016).

Nantinya, hasil karya inovasi para pemenang itu akan dikembangkan lebih lanjut oleh Badan Penelitian, Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (BP3IPTEK) Jabar. Karya-karya tersebut dapat diberdayagunakan lebih luas dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Selain mendapatkan piagam penghargaan dan piala, masing-masing pemenang juga memperoleh dana stimulasi. Pemenang kategori Inovasi dan Pelopor Pemberdayaan Masyarakat memperoleh dana sebesar Rp 50 juta, sedangkan kategori Prakarsa mendapatkan Rp 25 Juta.

Aher juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya Kepada para pemenang. Dia berharap agar mereka dapat terus berinovasi, dan memprakarsai hal-hal baru dalam berbagai bidang, serta senantiasa menjadi pelopor dalam berbagai kehidupan.

Menurut Aher, pemberian penghargaan ini merupakan salah satu wujud apresiasi yang diberikan Jabar kepada masyarakatnya yang telah mendedikasikan ide, kreativitas, tenaga, proses inovatif, produk dan perubahan demi kemajuan dan pembangunan daerah.

Dengan anugerah ini, lanjut Aher, masyarakat semakin terpacu dan terbangun daya inovasinya.

"Anugerah ini akan terus kita lanjutkan sebab akan semakin banyak inovator, prakarsa dan pelopor kita yang muncul. Jadi, dapat menambah jumlah inovasi yang kita pertandingkan di tingkat nasional," kata Aher.

Kepala Biro Pengembangan Sosial Sekretariat Daerah Jawa Barat Ruddy Gandakusumah menjelaskan, perbedaan antara ketigakategori anugerah ini. Kategori Inovasi merujuk pada metode, ide atau produk baru yang bernilai ekonomis dan manfaatnya dirasakan oleh masyarakat. Kategori prakarsa diklasifikasikan pada pemikiran atau gagasan yang telah dituangkan dalam bentuk model, desain, konsep maupun prototipe akhir.

"Kategori pelopor pemberdayaan masyarakat merupakan pengakuan dan apresiasi Gubernur Jabar bagi masyarakat yang telah memberikan pengabdian dan darma bakti melalui upaya pemberdayaan masyarakat yang dengan nyata telah meningkatkan taraf hidup masyarakat," kata Ruddy.

Jawa Barat merupakan provinsi yang berbatasan langsung dengan ibu kota negara. Oleh sebab itu, Jabar berkontribusi dalam penyedia air baku, bahan pangan, dan penyedia lahan dan infrastuktur pendukung.

Jabar juga menjadi pusat kegiatan industri manufaktur dan strategis nasional. Dengan kondisi alam yang berada di wilayah pegunungan, Jabar memiliki taman nasional, margasatwa, dan cagar alam.

Provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak, yaitu 45.340.800 jiwa yang tersebar di berbagai wilayah, menjadikan budaya dan bahasa yang ada di Jabar menjadi beragam.