Advertorial

Ekspansi Pabrik ke Indonesia, Maxxis Mencari Distributor Pasar Domestik

Kompas.com - 19/08/2016, 08:00 WIB
- -

Berbicara mengenai otomotif, ban merupakan salah satu komponen yang harus ada. Banyak orang berpendapat, tanpa ban sebuah kendaraan, seperti motor dan mobil tidak akan bisa digunakan.

Salah satu produsen ban terkemuka dan diakui oleh dunia adalah Maxxis Tyre. Perusahaan ban asal Taiwan yang menduduki rangking sembilan dunia ini telah tersebar di lebih dari 180 negara di Asia-Pasifik, Timur Tengah, Eropa, dan Amerika. Untuk meningkatkan kualitas produk, Maxxis terus melakukan riset dan pengembangan produk melalui R&D Center yang berada di Taiwan, Shanghai, Amerika Serikat, dan Belanda.

Melihat besarnya pasar sepeda motor di Indonesia, membuat perusahaan yang berdiri sejak tahun 1967, di bawah nama Cheng Shin Rubber Ind.Co., Ltd.  ini ingin melayani permintaan pasar ban di Indonesia. Oleh karena itu, Maxxis Tyre melakukan investasi di Tanah Air dengan pendirian PT. Maxxis International Indonesia.

Di tahun 2016 ini, PT. Maxxis International Indonesia sedang berada dalam proses pembangunan pabrik yang terletak di Cikarang, Jawa Barat. Pabrik dengan nilai investasi sebesar 400 juta Dollar Amerika (sekitar 5,5 Triliun Rupiah) ini akan memproduksi ban kendaraan roda dua dan roda empat sesuai dengan permintaan pasar ban Indonesia. Berbekal riset pasar serta pengalaman ekspansi dan pembangunan pabrik di China, Vietnam dan Thailand, Maxxis diperkirakan akan masuk ke pasar ban Indonesia dengan daya saing yang cukup tinggi.

Pabrik Maxxis Indonesia dengan luas 35 hektar yang direncanakan selesai pada kuartal pertama tahun 2017 ini nantinya akan menyerap lebih dari 3,000 tenaga kerja. Produksi perdana diperkirakan berlangsung sejak kuartal pertama tahun 2017, dengan kapasitas produksi untuk ban motor bermula dari 3 juta unit ban per tahun, dan akan terus bertambah hingga mencapai 12 juta unit ban per tahun pada tahun 2020. Sedangkan produksi ban kendaraan roda empat akan dimulai pada tahun 2019.

Mengingat besarnya kapasitas produksi yang dialokasikan untuk memenuhi pasar domestik, saat ini PT. Maxxis International Indonesia membuka peluang dengan mencari distributor lokal untuk ban sepeda motor di setiap wilayah provinsi Indonesia untuk bekerja dan berkembang bersama dalam melayani kebutuhan pasar ban di Indonesia. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi sambungan langsung di 021-29119070 dan ke alamat email scottchang@mail.cst.com.tw. (Adv)