Obat Minum Vs Semprot Hidung, Mana yang Paling Cepat Atasi Hidung Tersumbat?

Kompas.com - 23/08/2016, 16:21 WIB
- -

Tidak semua orang punya ketahanan lebih terhadap udara dingin dan hujan yang sebentar datang dengan derasnya dan kemudian pergi dengan sekejap berganti dengan teriknya matahari. Daya tahan tubuh akan menurun pada kondisi suhu yang berubah-ubah. Virus flu yang memang banyak berkembang di musim hujan pun dengan mudah menyerang tubuh.

Begitu juga dengan debu, polusi dan bulu hewan peliharaan. Ada beberapa orang yang sensitif terhadap hal-hal tersebut dan mudah mengalami reaksi alergi. Gejala dan reaksi flu dan alergi hampir sama yaitu bersin, pilek, dan disertai dengan tersumbatnya hidung! Sungguh menyebalkan.

Hidung tersumbat adalah masalah yang selalu berhasil membuat penderitanya uring-uringan. Konsentrasi saat beraktivitas teralihkan dan berbicara jadi sulit. Selain itu juga mengganggu waktu tidur. Merendahkan bantal salah, meninggikan bantal juga salah.

Jika sudah kesal tentu penderita akan mencoba segala cara termasuk membeli segala jenis obat yang katanya cocok untuk mengatasi hidung tersumbat dengan cepat. Tapi, tunggu dulu, harga obat tidaklah murah jadi jika sudah membeli segala macam obat tapi tidak efektif, sama dengan buang-buang uang saja. Karena itu coba pertimbangkan obat seperti apa yang diperlukan untuk mengatasi hidung tersumbat yang dialami.

Ada bermacam-macam obat yang dapat digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat atau decongestan, seperti pseudoephedrine, oxymetazoline, xylometazoline, atau anthistamine sebagai anti alergi. Bentuknya pun beragam. Ada yang berbentuk obat minum dan ada juga yang berbentuk obat semprot hidung. Mana yang paling efektif? Tergantung kebutuhan.

Untuk penanganan praktis dan cepat mengatasi hidung tersumbat, obat semprot seperti AFRIN spray dengan kandungan aktif oxymetazoline 0.05% bisa menjadi pilihan utama buat anak usia 6 tahun sampai orang dewasa. Sedangkan AFRIN Pediatric Drops (obat tetes hidung) diperuntukkan bagi anak-anak usia 2 sampai 5 tahun.

Sumbatan di hidung sebenarnya terjadi karena membengkaknya membran hidung akibat inflamasi atau peradangan. Nah, obat semprot dan obat tetes hidung dengan oxymetazoline merupakan jenis obat topikal dengan mekanisme kerja meredakan inflamasi dengan menyempitkan pembuluh darah (vasokonstriksi) di sepanjang hidung. Saluran nafas pun akan terbuka dalam hitungan detik. Efek melegakan pernafasan pun bertahan lama sampai dengan 10 - 12 jam.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lalu, mengapa lebih praktis? Biasanya obat semprot hidung atau obat tetes hidung memiliki kemasan yang mudah dibawa ke mana saja. Jika diperlukan tinggal semprot atau teteskan pada lubang hidung. Cara menggunakan obat semprot seperti AFRIN sangatlah mudah. Perhatikan bagan berikut: 

-

Ketika menyemprotkan Afrin ke dalam lubang hidung semprotkan dengan kuat sambil menghirup nafas. Karena bersifat mengecilkan pembuluh darah, perlu diperhatikan khususnya buat penderita hidung tersumbat dengan hipertensi, kelainan jantung, kelainan tiroid, diabetes atau kesulitan berkemih karena pembengkakkan prostat untuk berkonsultasi dulu dengan tenaga kesehatan sebelum menggunakannya.

Memilih obat minum atau semprot hidung sebenarnya tergantung kebutuhan. Tapi jika memerlukan solusi cepat AFRIN dapat menjadi jawaban. Afrin bekerja baik untuk hidung tersumbat yang disebabkan oleh flu ataupun alergi. Praktis dibawa kemana saja, mudah digunakan dan bekerja dengan cepat. (Adv)