LIPSUS

BERITA

-
Kamis, 25 Agustus 2016
Jawa Barat Tambah 1.500 Ton Beras untuk 2017

KOMPAs.com - Mulai tahun depan Provinsi Jawa Barat akan menambah stok beras untuk bantuan menghadapi bencana alam.

"Kami akan punya persediaan beras, stand-by, tahun depan dirancang 1.000 ton sampai 1.500 ton. Di luar jatah nasional yang diberikan pada gubernur," ujar Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Bandung, Senin (22/8/2016).

Ahmad Heryawan atau akrab disapa Aher mengklaim jatah beras cadangan yang diberikan pemerintah pusat pada masing-masing gubernur masih kurang, terutama untuk kebutuhan bencana.

"Gubernur Jawa Barat 200 ton, juga gubernur yang penduduknya 1,3 juta orang 200 ton juga. Tidak pas, mestinya lebih proporsional," katanya.

Dia sudah meminta pemerintah pusat untuk menghitung pemberian beras cadangan untuk bencana itu proporsional mengikuti jumlah penduduk masing-masing provinsi. Namun, permintaan itu belum direspons sehingga pihaknya harus membeli beras sendiri.

Beras cadangan untuk bencana dari duit APBD Jawa Barat itu akan dititipkan ke Bulog Jawa Barat. Dia memperkirakan pembelian beras cadangan itu menghabiskan dana Rp 10-15 miliar.

Kepala Bulog Divisi Regional Jawa Barat Alip Affandi mengatakan Bulog menyanggupi menyimpan cadangan beras daerah itu.

"Sangat bisa, karena stok beras kita di Jawa Barat 300 ribu ton," tuturnya.

Alip mengatakan perhitungan pembelian beras itu menggunakan harga patokan pemerintah untuk pembelian beras. Taksirannya, untuk seribu ton beras berkisar Rp 8 miliaran.

"Untuk mengeluarkannya tinggal pemerintah provinsi meminta dikeluarkan sekian. Istilahnya seperti bendahara," katanya.

Jawa Barat merupakan provinsi yang berbatasan langsung dengan ibu kota negara. Oleh sebab itu, Jabar berkontribusi dalam penyedia air baku, bahan pangan, dan penyedia lahan dan infrastuktur pendukung.

Jabar juga menjadi pusat kegiatan industri manufaktur dan strategis nasional. Dengan kondisi alam yang berada di wilayah pegunungan, Jabar memiliki taman nasional, margasatwa, dan cagar alam.

Provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak, yaitu 45.340.800 jiwa yang tersebar di berbagai wilayah, menjadikan budaya dan bahasa yang ada di Jabar menjadi beragam.