Advertorial

Makan Enak dan Murah di Resto Kaki Lima Singapura

Kompas.com - 14/09/2016, 15:23 WIB

Bagai surga makanan di Asia, Singapura menjajakan segudang pilihan makanan untuk wisatawan. Dari restoran sampai street food  atau jajanan kaki lima, semua punya cita rasa yang khas dan “nempel” di lidah.

Tak harus keluarkan banyak uang untuk makan enak di Singapura. Saat sampai di Singapura, mulailah petualangan kuliner dari gerai makanan kaki lima Hill Street Tai Hwa Pork Noodle. Cicipi bak chor mee yaitu mie dengan daging cincang. Sekadar bocoran, untuk mendapatkan semangkuk bak chor mee pengunjung harus rela antre di belakang 30 orang atau lebih. Siap-siap saja, ya.

Tetapi, rasa lelah usai mengantre panjang langsung terbayar saat semangkuk bak chor mee datang di hadapan. Saat menyeruput kuah, terasa paduan rasa gurih, asin, dan sedikit rasa asam. Bak chor mee memang hidangan dengan bumbu dasar cuka, tetapi uniknya rasa asamnya tak mendominasi. Paduan bumbu pada kuah bak chor mee betul-betul menyatu dengan mi yang lembut dan kenyal.

Robert Parker Wine Advocate, guide.michelin.sg
 

Bak chor mee porsi kecil dapat dinikmati dengan harga mulai 5 dolar Singapura, sementara yang besar 10 dolar.

Masih dari kategori gerai makanan kaki lima, Hong Kong Soya Sauce Chicken Rice & Noodle juga jadi juaranya. Jika berkunjung ke sini, Anda wajib memesan Soya Sauce Chicken Rice. Bumbu yang gurih begitu meresap pada nasi dan ayamnya.Nasinya beraroma masakan kanton ala Tiongkok, dengan kadar lemak yang minim.

Sementara kenikmatan potongan ayam berasal dari kulit dan daging lembut dan tidak alot. Anda bisa menambahkan sedikit sambal bila suka rasa pedas. Dijamin, kenikmatannya semakin maksimal.

Boleh jadi, inilah yang dinamakan kebahagiaan sederhana. Sebab menu-menu di Hong Kong Soya Sauce Chicken Rice & Noodle bisa disantap dengan 2 sampai 3 dolar Singapura saja.

Saking nikmatnya, gerai makanan di atas berhasil meraih bintang bergengsi dari Michelin Guide. Bintang dari Michelin Guide begitu bermakna bagi sebuah restoran sebab Michelin Guide adalah “kitab” masyarakat umum dalam dunia kuliner. 

Tahun 2016, para Michelin inspectors, istilah untuk para juri yang ahli menilai masakan, menyeleksi sekitar 140 restoran dengan lebih dari 35 kategori masakan berbeda. Hasilnya, Michelin Guide memberi bintang 1, 2, dan 3 kepada 29 restoran dan rumah makan kaki lima di Singapura.

Restoran-restoran ini memenuhi kriteria Michelin, meliputi kualitas produk, teknik masak dan rasa sajian yang istimewa, kepribadian chef yang tercermin dari masakannya, value for money, serta konsistensi sajian dalam tiap kunjungan.

Restoran apa lagi yang mampu meraih bintang Michelin Guide Singapore 2016? Ini daftarnya:

Bintang 3: Masakan yang luar biasa

Joel Robuchon

 

Bintang 2: Resto dengan masakan yang baik. Patut dikunjungi!

1. Andre

2. L'Atelier de Joel Robuchon

3. Les Amis

4. Odette

5. Shisen Hanten

6. Shoukouwa

 

Bintang 1: Masakan berkualitas baik. Silakan dicoba!

1. Alma

2. The Kitchen at Bacchanalia

3. Beni

4. Candlenut

5. Corner House

6. Crystal Jade Golden Palace

7. Cut

8. Forest

9. Hill Street Tai Hwa Pork Noodle

10. Hong Kong Soya Sauce Chicken Rice & Noodle

11. Jaan

12. Lei Garden

13. Osia

14. Putien (Kitchener Road)

15. Rhubarb

16. Shinji (Beach Road)

17. Shinji (Tanglin Road)

18. Summer Pavillion

19. Sushi Ichi

20. Terra

21. The Song of India

22. Waku Ghin

 

Percayalah, Michelin Guide Singapore 2016 adalah “kitab” yang tepat untuk mencicipi masakan terbaik dari Singapura. Setelah tahu daftar makanan yang masuk ke dalam Michelin Guide, rasanya tak sulit lagi menemukan harta karun di surga makanan Asia, Singapura. Serunya bareng teman-teman dan keluarga, jelajahi kuliner Singapura! (Adv)

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com