Advertorial

9 Tips Ini Dapat Memperindah Rumah Minimalis Anda

Kompas.com - 22/09/2016, 10:21 WIB

Berbeda dengan rumah lainnya, konsep dari rumah minimalis adalah minim perabotan dan ruang. Karenanya, banyak yang kesulitan untuk melakukan dekorasi pada rumah tipe ini. Khususnya, dekorasi untuk mendapatkan kesan mewah dan mahal pada rumah minimalis.

Padahal, tidak selamanya yang terlihat mewah dan mahal dapat memberikan rasa nyaman dan keindahan, khususnya untuk rumah minimalis.

Berikut 9 cara sederhana yang dapat Anda coba untuk memperindah rumah minimalis Anda dengan hal-hal sederhana dan murah.

1. Sinar matahari

Sinar matahari mampu menjaga kelembaban ruangan agar terhindar dari jamur dan bakteri. Sinar matahari mampu merefleksikan ruangan agar tampak lebih hidup. Karena itu, biarkanlah sinar matahari masuk ke dalam ruangan.

Salah satu trik yang dapat dilakukan adalah dengan membiarkan tirai terbuka di pagi dan siang hari. Usahakan juga lapisan di dalam tirai juga tidak terlalu tebal sehingga cahaya matahari bisa masuk melalui jendela.

2. Lakukan perombakkan

Sortir kembali barang-barang apa saja yang terdapat di dalam rumah, dan buatlah barang tersebut berguna di ruangan yang tepat. Gunakan perabotan dan barang-barang untuk membedakan satu ruangan dengan ruangan lain.

Misalnya, dengan memindahkan satu set meja kecil dengan kursi ke salah satu sudut ruangan untuk menandakan bahwa ruangan tersebut tempat untuk belajar atau bekerja.

3. Gunakan karpet

Karpet juga dapat berguna untuk menambahkan nilai kenyamanan sebuah ruangan di rumah Anda. Namun, ketimbang menutup seluruh lantai ruangan, gunakanlah sebatas untuk beberapa set perabotan.

Contohnya dengan berikan karpet di bawah set perabotan meja makan, set perabotan ruang tamu hingga set perabotan di ruang keluarga. Itu saja sudah cukup untuk membuat ruangan Anda tampak lebih indah dan nyaman.

4. Tambahkan cermin

Cermin dipercaya dapat memberikan ilusi terhadap suatu ruangan menjadi lebih luas. Pertama coba lihat kembali berapa luas ruangan yang Anda tambahkan cermin. Usahakan jangan terlalu besar juga dan pilihlah cermin dengan bingkai minimalis.

Salah satu trik lain yang bisa dicoba adalah meletakkan cermin menghadap ke arah jendela. Di mana itu akan membuat ruangan penuh dengan cahaya matahari yang akan menciptakan dampak yang besar terhadap perasaan di ruangan tersebut.

5. Letakkan hiasan dengan tekstur unik

Menambahkan hiasan dinding ataupun pajangan dengan tekstur yang unik akan jauh lebih baik daripada menumpuk perabotan dengan fungsi yang tidak jelas.

Salah satu contoh hiasan dengan tekstur unik adalah hiasan dari daerah-daerah wisata seperti medan yang memiliki kain bernama Ulos. Coba letakkan kain tersebut di dinding ruangan. Selain menjadi hiasan, itu juga mampu menjadi daya tarik dan cerita tersendiri untuk Anda.

6. Pasang Wallpaper

Wallpaper yang diterapkan di ruangan yang kecil bisa menciptakan rasa yang nyata. Hanya saja terdapat beberapa syarat, yaitu pilih desain dengan corak simpel dan sesuai dengan kepribadian Anda sekeluarga.

7. Tambahkan tanaman hijau

Tanaman hijau di dalam ruangan dapat memberikan efek kehidupan dan memberikan kesan tidak panas. Selain itu, tanaman hijau dapat memberikan oksigen yang baik untuk ruangan di pagi hingga sore hari. Carilah tanaman hijau yang tepat sesuai karakter Anda, jangan lupa untuk rajin merawatnya.

Namun, jangan lupa untuk rajin mengeluarkan tanaman di malam hari. Karena saat malam hari tanaman akan menyerap oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida yang buruk untuk di hirup makhluk hidup.

8. Pajang koleksi kesayangan Anda

Kelompokkan koleksi kesayangan Anda, dan pajanglah di ruangan yang juga Anda sukai. Faktanya apapun itu koleksi Anda jika dikemas dengan baik akan cukup untuk membuat presentasi ruangan Anda tampak lebih keren dengan kredibilitas layaknya kolektor terkenal.

9. Rak buku minimalis

Sebuah rak buku yang dikemas minimalis akan selalu tampak mengesankan. Konsep rak buku minimalis yang dimaksud yaitu memiliki tinggi yang sesuai dengan ruangan rumah Anda, dan juga slot yang sesuai dengan banyaknya buku-buku Anda.

Lokasi rak buku juga menjadi penting, coba lokasikan di sudut ruangan keluarga atau ruang tamu.

Itu tadi 9 sentuhan yang dapat Anda lakukan untuk memperindah rumah tipe minimalis. Untuk Anda yang masih mencari rumah atau hunian, langsung saja akses portal properti Lifull.ID. Portal ini dilengkapi dengan banyak fitur filter pencarian yang canggih dan sesuai kebutuhan Anda, sehingga Anda bisa mendapatkan informasi rumah dijual di seluruh kota di Indonesia.

Selain itu, terdapat juga pencarian untuk jenis properti perumahan baru, apartemen, kantor, hingga tempat kost. Semuanya informasinya bisa didapatkan dengan mudah dan cepat. Segera kunjungi Lifull.ID! (Adv)

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com