Advertorial

Pilek Pagi Hari, Tanda-tanda Rinitis Alergi

Kompas.com - 23/09/2016, 17:04 WIB

Hidung tersumbat, gatal, dan bersin-bersin, seringkali disangka sebagai gejala pilek atau flu. Anehnya, ada orang yang mengalami gejala tersebut hanya pada pagi hari. Ketika hari semakin siang, gangguan pilek itu tak terasa lagi. Mengapa demikian?

Gejala pilek yang cuma terjadi pada pagi hari itu menandakan rinitis alergi. Seseorang yang mengidap rinitis alergi biasanya begitu sensitif terhadap penyebab alergi, seperti tungau dan debu rumah atau kotoran kecoa yang bercampur debu.

Gejalanya memang mirip flu, tetapi rinitis alergi biasanya disebabkan faktor keturunan. Rinitis alergi bisa menyerang seseorang bila punya bakat alergi yang diturunkan oleh orangtuanya.

Biasanya rinitis alergi berlangsung pada pagi hari selama 15-20 menit. Gejalanya mirip flu, kadang disertai mata berair dan gatal. Di negara tropis seperti Indonesia, rinitis alergi bisa terjadi sepanjang tahun. Lain halnya dengan negara empat musim, alergi ini terjadi saat musim semi.

Meski punya gejala yang mirip, rinitis alergi dan flu tergolong jenis penyakit yang berbeda. Namun, gejala keduanya dapat diringankan dengan obat semprot hidung AFRIN Spray. Kandungan dekongestan pada AFRIN Spray bekerja melegakan hidung tersumbat. Dekongestan merupakan obat yang bekerja mengurangi pembengkakan pada membran hidung sehingga dapat menghilangkan gejala hidung tersumbat.

Obat semprot hidung AFRIN Spray bekerja sangat cepat membuka saluran nafas melalui konstriksi pembuluh darah di sepanjang hidung. Dengan kandungan zat aktif Oxymetazolin, AFRIN Spray mampu bekerja dalam hitungan detik saja. Setelah menyemprotkan Afrin Spray, hidung akan terasa lega sampai 12 jam.

Semprot AFRIN Spray sebanyak dua sampai tiga kali di setiap lubang hidung. Dosisnya cukup dua kali dalam 24 jam. Penggunaan kedua dapat dilakukan 12 jam setelah penggunaan pertama. Hirup dengan cepat sambil memencet botol AFRIN Spray. Saat menyemprot, jangan menengadahkan kepala ke belakang.

Setelah penggunaan, bersihkan ujung semprotan AFRIN Spray. Sebaiknya jangan gunakan AFRIN Spray bergantian dengan orang lain agar terhindar dari kontaminasi. AFRIN Spray aman digunakan anak mulai usia 6 tahun dan orang dewasa. Sedangkan untuk anak usia 2 – 5 tahun bisa menggunakan AFRIN Pediatric Drops.

Gangguan akibat rinitis alergi memang dapat diredakan dengan AFRIN Spray. Namun, kiat utama untuk mencegah terjadinya rinitis alergi ialah dengan menjaga kebersihan rumah untuk menghindari pemicu alergi, seperti debu dan tungau. Selain itu, tentunya jika sakit terus berlanjut segera konsultasikan dengan dokter Anda. (adv)

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.