Advertorial

Cermat Memilih Alat Kontrasepsi yang Tepat

Kompas.com - 03/11/2016, 18:11 WIB
-

Alat kontrasepsi memiliki peranan penting dalam hal menciptakan keluarga berencana yang ideal, sehat dan sejahtera. Pasalnya, penggunaan kontrasepsi dapat menekan kemungkinan kehamilan tak terencana tanpa memengaruhi keharmonisan rumah tangga.

Namun, pemilihan alat kontrasepsi harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan pasangan. Saat ini, telah tersedia banyak pilihan alat kontrasepsi bagi kaum perempuan maupun pria. Setiap jenis tentunya memiliki fungsi dan kelebihan yang berbeda-beda.

Berikut adalah empat jenis alat kontrasepsi yang sesuai dengan gaya hidup dan kebutuhan Anda:

  • IUD (Spiral)

Alat kontrasepsi ini terdiri dari dua jenis, yaitu hormonal dan tembaga. Umumnya, spiral tembaga mampu bekerja secara efektif dalam jangka waktu tiga hingga sepuluh tahun tanpa harus diganti. Sehingga, alat kontrasepsi yang kecil dan fleksibel ini kerap menjadi pilihan utama perempuan yang berada dalam usia produktif, baik itu yang sudah melahirkan atau ingin merencanakan kehamilan jangka panjang.

  • Implan

Implan adalah alat kontrasepsi yang dipasang di bawah kulit lengan dalam bagian atas. Proses pemasangan maupun pelepasan implan hanya dilakukan oleh tenaga medis  terlatih.  

Alat yang satu ini aman bagi ibu menyusui, karena tidak akan mempengaruhi kuantitas maupun kualitas air susu ibu (ASI). Metode ini efektif bagi Anda yang sedang dalam upaya menjaga jarak kelahiran. Hanya dengan sekali pasang, Anda akan terlindungi setiap hari dalam jangka waktu tiga tahun.

  • Suntik KB

Metode kontrasepsi ini dilakukan dengan cara suntik dan tersedia dalam dua periode perlindungan, yaitu satu bulan dan tiga bulan. Suntik KB satu bulan disarankan untuk perempuan yang sedang tidak menyusui, sedangkan suntik KB tiga bulan direkomendasikan untuk perempuan yang sedang dalam masa menyusui. Metode ini sangat efektif untuk mencegah kehamilan apabila dilakukan secara rutin dan tepat waktu.

  • Pil KB

Jika masa haid Anda tidak teratur, maka pil KB dapat menjadi pilihan yang tepat. Sebab, kandungan yang ada di dalamnya memiliki kemampuan untuk melancarkan siklus haid.

Perlu diingat, pil KB dapat bekerja secara maksimal apabila Anda mengonsumsinya pada jam yang sama setiap harinya. Namun, metode ini tidak disarankan untuk perempuan yang telah berusia di atas 35 tahun atau perokok. 

  • Kondom

Selain kondom pria, ada pula kondom yang diperuntukkan bagi kaum perempuan yang ingin memproteksi dirinya. Kondom merupakan salah satu alat kontrasepsi yang paling mudah digunakan dan tidak memiliki efek samping bagi tubuh. Alat ini juga dinilai paling aman digunakan bagi perempuan yang memiliki masalah kesehatan atau mengidap penyakit tertentu, seperti penyakit menular seksual.

  • Pil Kontrasepsi Darurat

Sesuai dengan namanya, pil ini dapat digunakan dalam kondisi darurat secara aman dan efektif, tepatnya usai berhubungan badan pada masa subur dan tanpa perlindungan alat kontrasepsi. Salah satu pil kontrasepsi darurat yang dapat diandalkan adalah Andalan Postpil.

Alat kontrasepsi berbentuk tablet ini mampu mencegah kehamilan jika dikonsumsi dua tablet sekaligus dalam kurun waktu 120 jam  atau lima hari setelah melakukan hubungan intim. Semakin cepat Anda meminumnya, maka akan semakin efektif hasilnya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Andalan Postpil, silakan kunjungi www.postpil.co.id. Anda juga dapat mengirimkan email berisi pertanyaan ke alamat info@postpil.co.id atau melalui WhatsApp ke nomor 08777 2000 988. (adv)

-