Advertorial

Cara Mudah dan Murah Bangun Rumah Pintar

Kompas.com - 21/11/2016, 11:37 WIB
- -

Istilah smart home atau rumah pintar cukup familiar di telinga masyarakat perkotaan besar di Indonesia belakangan ini. Bahkan, sudah cukup banyak orang yang mulai menerapkan konsep ini pada tempat tinggal mereka.

Pada dasarnya, rumah pintar adalah rumah yang memiliki perabotan yang dapat dikendalikan sesuai dengan kebutuhan sang penghuni rumah dan dapat diatur dari jarak jauh. Hal ini amat menolong pemilik rumah untuk mengatur penggunaan energi dari perabot-perabot rumah yang sudah terkoneksi dengan internet.

Keberadaan internet sendiri mempermudah kita dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Salah satu produk yang telah mendukung teknologi internet adalah Philips Hue.

-

Philips meluncurkan konsep lampu light emitting diode (LED) yang terkoneksi dengan internet. Smart lighting atau lampu pintar ini dapat di atur sesuai dengan kebutuhan Anda.

Phillips Hue menggunakan basis teknologi LED. Namun, teknologi tersebut telah berevolusi ke level teknologi tersinkronisasi dengan perangkat yang tersambung ke jaringan internet.

Penggunaannya pun cukup mudah. Anda hanya memerlukan smartphone berbasis iOS 8.0 atau Android 2.3 untuk mengoptimalkan lampu pintar dengan power output 100–240 V AC/60–50Hz dan voltase 5 V DC 600mA.

Konsep lampu pintar ini baru pertama kali diterapkan di Indonesia. Philips Hue sendiri memiliki 16 juta pilihan warna yang dapat diubah sesuai mood pemilik rumah. Hebatnya lagi, lampu ini bisa dikendalikan lewat smartphone yang terhubung dengan internet, bahkan ketika Anda sedang berada di luar kota sekalipun.

-

Dengan Philips Hue, Anda dapat menyulap rumah Anda sesuai dengan suasana hati atau kebutuhan Anda. Produk ini tersedia dalam pilihan white and color ambience yang memiliki keunikan, yaitu dapat menciptakan berbagai ambiance pencahayaan dengan 16 juta warna.

Philips Hue juga menawarkan temperatur cahaya yang berbeda untuk menciptakan suasana rileks, meningkatkan konsentrasi, dan suasana hati lainnya. Misalnya, pada malam hari pemilik rumah bisa mengaktifkan fitur nightlight, yaitu kondisi lampu redup, tetapi memungkinkan pemilik rumah tetap dapat melihat barang-barang di sekitarnya.

Fitur tersebut memungkin Anda untuk mendapatkan cahaya hangat meskipun lampu dalam keadaan redup. Kunjungi tautan ini untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

Selain itu, lampu ini didukung dengan teknologi ZigBee Light Link yang memastikan penggunaan energi seefisien mungkin. Namun, untuk menggunakan teknologi ini, smartphone Anda harus dilengkapi dengan aplikasi dari Zigbee.

Tak hanya itu saja. Lampu pintar ini juga dapat terkoneksi dengan beragam peranti wireless berbasis ZigBee. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang peranti dan teknologi ZigBee, langsung saja klik di sini. (Adv)