Advertorial

Pencahayaan Terbaik untuk Kota Pintar, Rumah Pintar, dan Gedung Pintar

Kompas.com - 22/11/2016, 08:30 WIB
- -

Pencahayaan masa kini semakin terasa inovatif, namun tetap cocok untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Salah satu bentuk inovasi yang ada saat ini adalah adanya aplikasi pencahayaan untuk kota, rumah, dan bangunan yang terkoneksi dengan internet. Hanya dengan sentuhan jari, pengguna bisa memperoleh pencahayaan terbaik untuk kota, rumah, dan bangunan.

Philips baru-baru ini menampilkan sejumlah sistem pencahayaan unggulan yang canggih dalam Philips Lighting Week di Senayan City, Jakarta, 17-20 November 2016 lalu. Dengan bertemakan Light Beyond Illumination, Philips memperkenalkan berbagai aplikasi pencahayaan LED terintegrasi untuk menerangi kota pintar, rumah pintar, dan gedung pintar.

Presiden Direktur PT Philips Indonesia Chandra Vaidyanathan menyatakan, sistem pencahayaan pintar itu didukung dengan teknologi terbaru yang memanfaatkan Internet-of-Things. Sistem pencahayaan Philips akan beroperasi dalam bentuk digital dan jaringan.

Dengan teknologi tersebut, pengguna bisa mengatur sendiri sistem pencahayaan dari gadget-nya dari jarak yang jauh sekalipun, asalkan terkoneksi dengan internet. Artinya, ini akan menciptakan pengalaman baru bagi pengguna di rumah, lingkungan kerja, dan kota.

Inovasi Philips dalam sistem pencahayaan yang baru ini akan menciptakan pengalaman baru dan seru rumah pintar, kota pintar, dan gedung pintar. Apa saja kah itu?

Rumah pintar

-

Rumah sesederhana apapun akan jadi terasa istimewa dengan sistem pencahayaan Philips. Percaya atau tidak, Philips memungkinkan Anda mengatur pencahayaan agar sesuai dengan kebutuhan Anda, misalnya untuk meningkatkan produktivitas, memperbaiki suasana hati, memberi energi baru, meningkatkan konsentrasi, atau menambah kehangatan suasana saat makan bersama keluarga.

Sistem pencahayaan bernama Philips HUE tersebut diperkenalkan juga pada ajang Philips Lighting Week lalu. Pada ajang tersebut, Philips menggandeng arsitek dan desainer interior Cosmas Gozali untuk merancang simulasi rumah.

Cosmas menciptakan desain hunian futuristik yang minimalis dan didominasi warna putih dan silver. Tanpa lampu Philips HUE, desain rumah memang terasa polos dan sepi. Namun, Philips HUE mampu menghidupkan suasana dengan warna lampu yang beragam.

“Ruang apartemen yang minimalis dan futuristik diminati masyarakat sekarang. Walau minimalis dan tidak terlalu besar, kita tetap bisa mengalami berbagai macam perasaan bila bisa mengatur warna lampu yang sesuai. Ambience ruang bisa berubah-ubah. Inilah yang membuat hunian minimalis kita bisa berkembang, tidak terasa membosankan,” tutur Cosmas saat menjelaskan desain ruang kamar tidur, ruang keluarga, dan ruang makan garapannya.

Philips HUE mampu mewarnai hunian dengan pilihan 16 juta warna. Spesialnya, lampu Philips HUE bisa disesuaikan dengan lagu, film, tayangan pertandingan, atau suasana apapun yang ingin penghuni bangun.

Untuk pre – order lampu Philips Hue ini akan dimulai dari tanggal 12-19 Desember 2016 di www.lazada.co.id/philips-lighting

Kota pintar

Philips membantu pemerintah mewujudkan rencana membangun kota-kota pintar dengan menciptakan sistem pencahataan inovatif, Philips CityTouch. Ini merupakan sistem manajemen pencahayaan yang terkoneksi untuk mengatur penerangan jalan. Philips CityTouch punya aplikasi web sederhana yang digunakan untuk menganalisa, merencanakan, dan memantau pencahayaan.

Bersamaan dengan pembukaan Philips Lighting Week, Philips memasang pembaruan penerangan jalan di Jakarta. Philips mengganti hampir 90.000 lampu jalan di Jakarta dengan lampu LED hemat energi yang terkoneksi dengan sistem pencahayaan Philips CityTouch. Dengan langkah ini, Philips turut mengantar Jakarta menuju status kota pintar. 

-

Gedung pintar

Jumlah gedung dan kawasan industri semakin meningkat, artinya permintaan dan biaya listrik pun meningkat. Untuk kebutuhan ini, Philips Lighting mengembangkan sistem pencahayaan terkoneksi untuk bangunan pintar dan manufaktur atau pergudangan yang sedang dibangun. Sistem tersebut adalah Green Manufacturing/Green Warehouse. Kedua solusi pencahayaan ini akan membantu mereka untuk menjadi ramah lingkungan serta menghemat energi dan biaya listrik. 

Membawa tema pencahayaan lebih dari sekadar penerangan, Philips menawarkan pengalaman baru serta sistem pencahayaan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan masa kini. Wujudkan rumah pintar, kota pintar, dan gedung pintar bersama Philips Lighting. (Adv)