Advertorial

6 Aktivitas Bebas Biaya di Singapura untuk Mengisi Akhir Pekan

Kompas.com - 30/11/2016, 12:15 WIB

Dari yang memacu adrenalin, surga belanja, sampai ragam kuliner dan budaya membuat para wisatawan memilih Singapura sebagai tempat berlibur.

Mahal? Memang ada harga yang harus dibayarkan untuk dapat menikmati beberapa wahana. Lantas, bagaimana dengan wisatawan yang sekedar ingin menghabiskan akhir pekan dengan santai di Singapura tanpa mengeluarkan uang yang banyak? Tenang saja. Di Singapura juga banyak aktivitas menarik untuk mengisi liburan, dan gratis!

Dari sekian banyak aktivitas gratis tersebut, berikut 6 kegiatan seru yang telah dirangkum oleh Kompas.com untuk Anda.

1. Menonton Light Show Gratis

Menonton Garden Rhapsody di Marina Gardens Drive

Sore hari adalah saat yang tepat untuk mengambil posisi strategis di Marina Gardens Drive, duduk bersantai dan menyaksikan pohon-pohon setinggi 50 meter yang akan menyala mengikuti irama musik di pertunjukan Garden Rhapsody pada pukul 19:45 dan 20:45 setiap harinya. Sebagai alternatif, ketika berada di area Marina Bay, Anda juga dapat menyaksikan air mancur dan rangkaian permainan laser yang akan menerangi area Marina Bay Sands dan ArtScience Museum bertajuk Wonder Full. Anda dapat melihatnya mulai dari hari Minggu-Kamis pukul 20:00 dan 21:30, dan Jumat-Sabtu pukul 20:00, 21:30, dan 23:00.

2. Relaksasi di Alam ala Singapura

Lokasi: Jembatan Henderson Waves

Ingin menghirup udara segar dan memanjakan mata dengan yang hijau-hijau, atau sekadar berjalan kaki di pagi hari sebelum memulai kunjungan Anda ke Orchard Road, Singapore Botanic Gardens dapat dijadikan tempat untuk persinggahan yang menyegarkan. Beragam event bebas biaya mulai dari eksebisi, live music (di mana Anda bisa menggelar peralatan piknik  agar nyaman saat menonton), dan tur-tur gratis. Sebelum berkunjung cek dulu jadwal kegiatannya di www.sbg.org.sg

Cara lain menikmati alam di Singapura adalah dengan berkunjung ke jembatan Henderson Waves.  Mulailah dengan berjalan melalui Southern Ridges Walk dan lalui tiga taman utama: Kent Ridge Park, Telok Blangah Hill Park dan Mount Faber Park.

3. Berburu Grafiti yang Instagramable  

Grafiti di Area Haji Lane

Ada sebuah restoran Meksiko yang dinding luarnya dipenuhi grafiti yang artistik dan warna-warna yang cukup intens. Piedra Negra adalah nama restoran tersebut dan ia berlokasi di 241 Beach Road. Telusuri jalanan tersebut di area Haji Lane dan nikmati grafiti yang terentang di sepanjang jalan. Tempat lain untuk menikmati mural art adalah Tunnel Art yang berlokasi di Clarke Quay. Terowongan tersebut berada tepat di samping Singapore River dan jika datang di malam hari, lampu-lampu akan menyala menerangi lukisan yang “terpajang” di sepanjang terowongan. Bagi pencinta grafiti, ada acara yang rugi untuk dilewatkan di bulan Januari, yaitu Aliwal Urban Art Festival yang berlangsung pada tanggal 14-15 Januari 2017, mulai pukul 5 pm hingga dini hari. Di festival ini Anda dapat melihat seni grafiti, pertunjukkan rock to afro-beat, skateboarding dan breakdancing hingga parkour.  Aliwal Urban Art merupakan bagian dari  rangkaian event yang hadir di Singapore Art Week dan berlangsung mulai dari 11-22 Januari 2017. 

4. Kunjungi Kuil-kuil di China Town dan Little India

Lokasi: Kuil Buddha Tooth Relic

Berkunjung ke kuil-kuil yang ada di tempat ini dianjurkan untuk Anda yang tertarik pada budaya dan sejarah.  Thian Hock Keng contohnya, adalah sebuah kuil Hokkien tertua di Singapura yang sering dikunjungi oleh imigran dari Cina dan merupakan lambang rasa terima kasih terhadap Dewa Ma Zu, dewa laut karena telah memberikan keselamatan atas perjalanan mereka ke Singapura. Lalu ada kuil Buddha Tooth Relic, di mana gigi Budha diletakkan dan kuil ini memiliki stupa raksasa yang terbuat dari 320 kg emas. Tak jauh dari sana Anda dapat menemukan Sri Veeramakaliamman, kuil Hindu tertua di Singapura yang terletak di Serangon Road.

5. Menikmati Karya Seni di Museum dan di Jalanan

Karya seni di ARTWALK Little India

Jika ingin mengenal lebih dalam tentang suatu negara, ada baiknya Anda melihat karya-karya seni yang diproduksi oleh seniman lokalnya. Hasil karya tersebut menceritakan Singapura dari sudut pandang penduduk lokal. Nah, Anda bisa berkunjung ke National Gallery Singapore untuk menemukannya.  Selain karya seni seniman lokal, tempat ini juga menghadirkan karya-karya seniman dari Asia Tenggara. Nikmati sepuasnya. Kalau kebetulan Anda ada di Singapura di bulan Januari, Anda harus datang ke Little India dan menghadiri festival ARTWALK Little India (12-17 Januari 2017) yang bertemakan Your Path to Remember. Tahun ini pengunjung dapat meliha cerita tradisional yang “hidup” melalui animasi dan instalasi seni. Gratis dan seru.

6. Berjalan di Antara Gemerlapnya Cahaya

Malam berhiaskan lampu saat Christmas on Great Street berlangsung

Setiap kali ada perayaan hari besar di Singapura, kota ini segera berhias diri dan gemerlapnya lampu akan hadir di  berbagai sudut kota. Contohnya saat Natal tiba, lampu-lampu bernuansa Natal akan bermunculan mulai dari Tanglin Mall hingga area Dhoby Ghaut terutama saat event Christmas on Great Street  (12 Nov 2016 – 2 Jan 2016)  berlangsung.  Area Marina Bay juga tak kalah serunya, festival I Light Marina Bay yang berlangsung pada tanggal 3-26 Maret 2017 ditandai dengan hadirnya instalasi lampu karya dari desainer dan seniman lokal. Dan tentunya, saat Perayaan Festival Cahaya atau yang disebut  Diwali di bulan Oktober berlangsung, area Little India akan diterangi oleh dekorasi yang gemerlap.

Ingin tahu lebih banyak lagi tentang aktivitas bebas biaya yang cukup seru untuk menghabiskan liburan di Singapura temukan di www.yousingapore.com. (Adv)

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com